Sekolah Muhammadiyah Jadikan Al-Quran Sebagai Acuan Ilmu Sains

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 11 Juli 2016 00:11 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JEMBER- "Jumlah ayat Al-Quran yang berbicara tentang sains atau ayat kauniyah terdapat lebih dari 800 ayat. Sementara ayat-ayat yang membahas tentang fikih hanya sekitar 150 ayat," ungkap Agus Purwanto selaku pemateri dalam acara Pengajian Ahad Pagi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember pada Minggu (10/7).

Agus menjelaskan, berdasarkan fakta tersebut, sekolah Muhammadiyah harus mengawali bagaimana Al-Quran bisa menjadi Ilmu Sains terapan yang memberi dampak untuk kemajuan bangsa.

"Sehingga kita tidak menjadi kuli bagi perusahan Asing tetapi mampu menciptakan teknologi itu sendiri melalaui ilmu sains yang terdapat di dalam Al-Quran.Karena kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada penguasaan sains dan teknologi," jelas Agus.

Doktor lulusan Universitas Hiroshima, Jepang yang juga Penulis Buku Ayat-Ayat Semesta tersebut kembali menambahkan.Saat ini kita berlomba mempelajari Bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional. Seharusnya kita sebagai Muslim khususnya warga Muhammadiyah  harus berlomba lomba pula dalam memperlajari Bahasa Arab.

"Bahasa Arab selain bahasa internasional, juga Bahasa Akhirat dan itu harus sudah menjadi kebutuhan sebagai Muslim untuk belajar Bahasa Arab, agar dapat dengan mudah memahami apa yang tersirat dalam kandungan Isi Al-Quran," tambah Agus.

"Tidak hanya sekedar mengetahui artinya saja, namun dapat memahami secara mendalam karna banyak ilmu yang luar biasa tentang sains dan teknologi di dalam Al-Quran yang terkadang kita lupa untuk mempelajarinya," tutup Agus. (adam)

Kontributor : Andi Saputra

            

Shared:
Shared:
1