Saling Berbagi, Warga Tegal Didorong Eksis Majukan Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 09 Juli 2016 12:40 WIB
MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL -- Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bogares Kidul, Abdulwahid berharap, agar warga Muhammadiyah menyadari pentingnya berzakat. Dan, memberikannya bagi masyarakat terutama warga Muhammadiyah lainnya yang membutuhkan. 
 
"Orang- orang Muhammadiyah sudah harus menyadari seluruh kegiatan, baik itu zakat fitrah, zakat mal, infak, dan sodaqoh," ujar Abdulwahid kepada Muhammadiyah.or.id usai sholat Idul Fitri di kediamannya di Bogares Kidul, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (6/7).
 
Seperti halnya pengumpulan zakat yang dilakukan di Masjid Jami Al Khoirot di bawah pimpinan Ranting Muhammadiyah Bogares Kidul. Baik berupa zakat fitrah maupun zakat mal dilakukan dengan tertib. 
 
Zakat fitrah, papar Abdulwahid, dikumpulkan tiga hari sebelum idul fitri, dan dibagikan pada malam hari raya Idul Fitri. Sedangkan zakat mal, disimpan dan dibagikan pada empat golongan yaitu amil, syabil, fakir, dan miskin. 
 
Selain itu, uang mal digunakan untuk kebutuhan organisasi. Ini, terang Abdulwahid, diberikan juga bagi warga Muhammadiyah yang membutuhkan, warga yang sakit maupun yang meninggal dunia. 
 
"Membantu anak-anak yang masih di bangku sekolah, SD, SMP, SMA," kata Abdulwahid yang telah menjabat sebagai Ketua Ranting Muhammadiyah Bogares Kidul selama 10 tahun itu. 
 
Abdulwahid pun berharap, agar masyarakat Tegal khususnya warga Bogares Kidul, menyadari perkembangan Muhammadiyah di Bogares Kidul saat ini.  
Ranting Muhammadiyah, kata dia, telah memiliki dua amal usaha yaitu Madrasah Diniyah dan Taman Kanak-Kanak yang berlokasi di Jalan Raya Jatinegara No. 12, Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Tegal. 
 
Dari 170 Kepala Keluarga di Bogares Kidul, ujar Abdulwahid, diharapkan Angkatan Muda Muhammadiyah mampu melanjutkan dan mengembangkan Muhammadiyah menjadi lebih baik lagi. 
 
"Mudah-mudahan generasi muda akan mampu memimpin Muhammadiyah disini," tutur Ketua Ranting yang akan lengser dalam waktu dekat ini. (mona)
 
 
Reporter: Ilma Aghniatunnisa
Redaktur: Ridlo Abdillah
Shared:
Shared:
1