Terdapat 4 Tipe Manusia yang Terbaik, Apa Saja ?

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 08 Juli 2016 06:18 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, INDRAMAYU- Manusia yang terbaik dimata Allah memiliki  4 tipe berikut. Pertama, mereka yang senantiasa memperbanyak membaca dan mempelajari makna-makna dari Alquran. Dengan memperbanyak mempelajari dan membaca Alquran, maka ilmu akan bertambah, dan bila mengajarkannya maka akan memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

“Apabila satu orang mengajarkan lima orang membaca Al-Quran dan menerangkan kandungannya, maka jika  ada sepuluh orang yang mengajarkan akan menghasilkan lima puluh orang generasi yang mampu membaca dan memahami isi kandungan Alquran,” ungkap Burhanuddin selaku Ketua Umum Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Heurgeulis pada Rabu (6/7) dalam Khutbah Idul Fitri yang disampaikannya bertempat di Alun-Alun Heurgeulis.

Kedua, orang yang paling baik adalah orang yang bertaqwa, sebagaimana firman Allah bahwa orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bertaqwa. Kemuliaan disisi Allah bukanlah keturunan, harta, maupun jabatan, melainkan ketaqwaan.

“Ketiga, orng terbaik adalah orang yang paling banyak berdakwah amar makruf nahii munkar. Yaitu orang yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran,” ungkap Burhanuddin.

Perkataan terbaik adalah yang mengajarkan kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Bukanlah muslim yang baik bila melakukan amal shalih hanya untuk dirinya saja, tanpa mengajak orang lain. Sesuai dengan sabda Rasulullah S. A. W. Bila mengetahui ada kemungkaran maka segera bertindak dengan kekuatan, bila tak mampu maka hindarilah, dan bila tak mampu maka diam lah. Dan itulah selemah lemah iman.

“Terakhir, orang yang terbaik adalah orang yang senantiasa menjalin silaturahim terhadap saudaranya sesama muslim. Untuk menjadi orang terbaik, maka haruslah seorang manusia itu membuat orang lain merasakan apa yang dimilikinya baik harta, jabatan, ilmu dan lain sebagainya,” tutup Burhan. (adam)

Kontributor : Nafis Ridhwan

 

Shared:
Shared:
1