PDM Bangkalan : Manusia Merupakan Wakil Allah di Bumi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 08 Juli 2016 06:00 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANGKALAN-  Pada Rabu (6/7) Shalat Idul Fitri turut diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bangkalan bertempat di Halaman Pasar Baru Burneh. Rik Suhadi pengurus PDM Bangkalan sebagai Khatib Shalat Idul Fitri dalam Khutbahnya menyampaikan, bahwa manusia merupakan wakil Allah di Bumi.

Hakikat penciptaan manusia sebagai abdi Allah yaitu untuk beribadah kepada Allah, sesuai dengan Al-Qur'an surat Adh-Dhariyat ayat 56. "Manusia sebagai abdi Allah senantiasa harus melakukan perintah Allah, mempersembahkan segalanya hanya untuk Allah, mengharap ridha Allah,” ungkap Rik.

Selain kita mengabdikan diri kepada Allah dengan melaksanakan perintahnya, selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan selalu bersyukur kepada Allah. “Syukur yang dapat kita lakukan kepada Allha yaitu syukur dari hati dan syukur dari lisan (ucapan),” jelas Rik.

Rik turut menceritakan salah satu kisah sahabat Nabi Muhammad SAW, tentang pengabdian dan rasa syukur seorang hamba pada penciptanya, yaitu ketika seorang miskin yang tinggal di sebelah orang kaya.

Tanaman kurma orang kaya tersebut buahnya memasuki area si miskin, namun si kaya tak pernah sedikitpun bergeming, bahkan ketika Rasul meminta untuk memberikan hasil kurmanya pun ia enggan memberi pada si miskin.

Singkat cerita, seorang dermawan pun lalu membelinya dan ia memberikan lahan tersebut kepada si miskin.

"Kisah tersebut dapat kita jadikan pelajaran bagaimana kita mengabdi, kita bersyukur, dalam banyak hal, termasuk dalam urusan sesama manusia, hablum minannas, manusia ini kan wakilnya Allah di bumi,” tambah Rik.

Rik kembali menambahkan bahwa selepas Ramadhan, hendaknya pengabdian manusia pada Allah menjadi lebih baik dan konsisten. "Maka selepas ramadhan kita juga harus selalu istiqamah dalam konteks mengabdi ini, kalau Ramadhan kita mau infaq begitu mudahnya kita berikan harta kita, maka selepas Ramadhan juga harus demikian,” tutupnya.  (adam)

Kontributor : Ubay

Shared:
Shared:
1