Ketua PP Muhammadiyah : Jangan Jadikan Ramadhan Sebagai Ritualistik Semata

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 07 Juli 2016 08:35 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SIDOARJO- Pasca Ramadhan pergi maka sudah sepatutnya bagi umat muslim untuk kembali bercermin, apa yang telah dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Apa yang kemudian harus kita lakukan kekita Ramadhan berlalu, dan tentunya bagaimana kita tetap konsisten, tetap istiqomah dalam beribadah.

“Jangan sampai Ramadhan hanya sebagai selingan dan ritualistik semata, tapi lebih pada bagaimana kita berlatih dan kemudian tetap istiqomah setelah Ramadhan berakhir,” ungkap Dadang Kahmad selaku Ketua PP Muhammadiyah dalam Khutbah Idul Fitri yang disampaikannya pada Rabu (6/7) bertempat di Halaman Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo.

Dadang mengatakan ada dua hal yang mendadak tenar di bulan Ramadhan, yaitu imsak yang secara filosofis merupakan ajakan dan tuntunan untuk menahan atau mengendalikan diri, serta takjil yang secara filosofis yaitu berupa sikap untuk menyegerakan suatu kebajikan.

"Kita harus bisa menerapkan dua hal terpuji itu,” ungkap Dadang.

Jika ulat yang sedemikian buruknya akan berubah menjadi sangat indah dan menyejukkan pandangan setelah berproses dalam wujud kepompong menjadi kupu-kupu.

“Maka manusia yang lebih dari segala-galanya, harus mampu menjadikan pula momentum Ramadhan tersebut untuk kebangkitan dirinya berubah menjadi sosok yang indah,” tutup Dadang. (adam)

Kontributor : Ubay

Shared:
Shared:
1