Agama Jangan Hanya Dipahami Sebagai Rutinitas Semata

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 03 Juli 2016 11:04 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN- Muhammadiyah sebagai wadah perjuangan umat Islam diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Islam dimasa lalu. Semangat pencerahan umat harus selalu digaungkan dan menjadi implementasi nyata untuk menuju Indonesia Berkemajuan.

Hal itu disampaikan Sodikin selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan didepan para peserta I'tikaf Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Al Mizan Muhammadiyah ketika memberikan pengajian I'tikaf pada Jumat (1/7) bertempat di Masjid Al Mizan.

“Sebab kemunduran umat Islam tidak lebih disebabkan karena kita hanya memahami agama sebatas rutinitas ibadah mahdhoh, belum masuk ke dalam tatanan sosial kemasyarakatan,” ungkap Sodikin. Peranan sosial Muhammadiyah sebagai gerakan sosial hari ini harus menjangkau obyek dakwah secara luas sehingga mampu terwujud cita-cita Indonesia Berkemajuan.

Dalam pengajian yang mengambil tema 'Muhammadiyah dan peranan sosial' tersebut, Sodikin juga menyampaikan bahwa disamping kesalehan vertikal kepada Allah dibentuk, maka kesalehan horizontal kepada manusia juga sangat perlu dibudayakan. “Kejumudan akidah dan peran sosial melatarbelakangi KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah,” jelasnya.

Sodikin juga berpesan kepada para santri untuk membawa misi Muhammadiyah di segala lini. “Belajarlah dengan tekun di Pesantren, dapatkan hikmah sebanyak mungkin, kelak jadi apapun dirimu, jangan pernah lupakan Muhammadiyah, jadilah kader yang baik untuk Muhammadiyah dan umat islam,” tutupnya. (adam)

 

Kontributor : Irvan Shaifullah

Shared:
Shared:
1