LPB Muhammadiyah Tegal Adakan Bedah Buku “Fikih Kebencanaan”

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 29 Juni 2016 15:18 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SLAWI- Dengan munculnya kesadaran mengenai kebencanaan, diharapkan apa yang selama ini sudah dilakukan oleh Muhammadiyah mengenai kebencanaan dapat lebih dikembangkan dan ditingkatkan lagi, maka LPB (Lembaga Penanggulangan Bencana) Muhammadiyah Kabupaten Tegal mengadakan kajian Bedah Buku “Fikih Kebencanaan” pada Minggu (26/6) bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Tegal, Slawi.

 “Musibah itu sesuatu yang tidak harus ditakuti. Namun musibah itu bagian daripada Ujian manusia dari Allah Swt , sebagai manusia itu harus terus berihtiar menghindari musibah atau bencana. Muhammadiyah mempunyai peran penting dalam bentuk sosial, sebab inilah bukti komitmen Muhammadiyah untuk nilai-nilai Kemanusiaan ,”ungkap Nurokhman, Sekertaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Naibul Umam selaku Ketua LPB Muhammadiyah Jawa Tengah mengungkapkan. “Muhammadiyah sebagai gerakan islam dakwah amar maruf nahi Mungkar yang dikelola dengan manajemen modern harus berupaya untuk menjadi yang pertama datang ke lokasi bencana dan selalu berkomitmen untuk menjadi yang terahir meninggalkanya,”ungkapnya.

Seperti musibah yang terjadi di Purworejo dan daerah-daerah lain, peran LPB Muhammadiyah sangat strategis untuk membantu dan menolong masyarakat. “LPB Muhammadiyah tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan daruratnya ,  tetapi juga untuk memulihkan dan menormalkan kembali kehidupan sehari-hari mereka, yaitu bersinergi dengan LAZIZMU,”tambah Naibul.

Buku “Fikih Kebencanaan” yang dibuat oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat  Muhammadiyah atas kerjasama dengan Lembaga penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta keputusan Musyawarah Nasional tarjih ke-29 Tahun 2015 di Yogyakarta. “Buku fikih kebencanaan diharapkan dapat menjadi pedoman dan penanggulangan serta penanganan bencana bagi pihak-pihak yang terkait secara langsung dengan kebencanaan maupun tidak,”tutup Naibul. (abey)

 

 

 

Hendra Apriyadi/MPI PDM Kab Tegal

Redaktur : Adam Qodar

Shared:
Shared:
1