UMM Terima Anugerah Energi Prabawa Pemkab Malang

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 03 Desember 2011 10:00 WIB

 

 

Malang- Ulang tahun Kabupaten Malang tahun 2011 ini membawa berkah tersendiri bagi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Bersamaan peringatan Ultah yang ke-1251 itu Bupati Malang, Rendra Kresna menyerahkan Anugerah Energi Prabawa kepada UMM, Senin (28/11) malam di pendopo kabupaten. Penyerahan penghargaan secara simbolik juga akan dilakukan bupati ketika menghadiri acara wisuda di UMM Sabtu (3/12).
 
 
UMM dinilai sebagai kampus yang memiliki kepedulian tinggi terhadap energi alternatif untuk membantu masyarakat. Seperti diketahui, sepuluh tahun terakhir UMM memiliki concern pada pengembangan energy baru dan terbarukan. Saat ini yang telah dikembangkan, antara lain, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), reaktor biogas, energy solar cell, dan pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTAng).
 
 
Anugerah Energi Prabawa merupakan yang kedua bagi pengembangan energy alternatif UMM. Sebelumnya, di tingkat Asean, PLTMH UMM meraih Asean Energy Awards dari Konsorsium Menteri Energi se-Asean pada 2008 lalu. Selain itu, pengakuan juga diperoleh UMM dari berbagai pihak, seperti Dubes Iran untuk Indonesia, Dirut PLN, dan beberapa menteri.
 
 
PLTMH UMM sendiri merupakan pembangkit listrik yang menghasilkan power 100 Kwh. Kekuatan ini mampu menghidupi kebutuhan listrik kampus hingga 100% pada malam hari dan 30% pada siang hari. Selain itu, sebagai lab terapan yang mudah dijangkau oleh siapapun, PLTMH UMM telah dikunjungi tak kurang 5.000 orang. Di antara mereka bahkan ada yang menjadikannya sebagai bahan skripsi, tesis hingga disertasi.
 
 
 
Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang diuntungkan oleh upaya UMM ini. Beberapa daerah di kabupaten Malang meminta UMM menjadi pendamping pengembangan biogas, PLTMH dan PLTAng. Bahkan atas bantuan Bank Dunia dan Kemitraan Indonesia-Australia, di kecamatan Pagelaran UMM bersama-sama masyarakat kini sedang membangun satu unit PLTMH untuk membangkitkan listrik pemompa air bersih. Pompa ini akan dimanfaatkan untuk mengalirkan air besih ke 11 desa di sekitar Sumbermaron, Pegalaran, Kabupaten Malang.
Shared:
Shared:
1