Kado Ramadhan "Adventure for Humanity"

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 25 Juni 2016 14:14 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA - Kado Ramadhan LAZISMU kembali akan disalurkan ke masyarakat miskin dhuafa, khususnya di daerah terpencil. Atau biasa disebut untuk kawasan padat, kumuh, pinggiran, pelosok dan kantong-kantong kemiskinan lainnya (PAK KUMIS).

Aksi Bersama Untuk Sesama ini disuguhkan dengan konsep Adventure for Humanity. Suatu aksi berbagi yang melibatkan komunitas hobby profesional dibidang otomotif, khususnya dengan menggunakan kendaran mobil Offroad 4WD dan motor cross. Adapun komunitas-komunitas yang terlibat didalamnya adalah Suzuki Jip Indonesia (mobil), Kesana Senang Kesini Senang (K2S) dan Komunitas Motor Cross Viar Tangerang. 

Secara teknis jadwal pemberangkatan Tim Adventure for Humanity tersebut akan dimulai pada tanggal 25 hingga 26 Juni 2016 sesuai dengan titik-titik lokasi atau sasaran masing-masing. Titik pemberangkatan diawali di Kantor LAZISMU, Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Tatang Ruchyat, selaku Koordinator Kado Ramadhan, untuk hari Sabtu(25/6) akan difokuskan di wilayah Bekasi. Lokasi sasaran berada di RT 001/RW 009, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi, Babelan, Kabupaten Bekasi. Desa ini dipilih karena masih terdapat masyarakat yang dhuafa. Sesuai informasi yang diperoleh dari Komunitas SJI, paket Kado Ramadhan akan diberikan berdasarkan jumlah warga yang dhuafa, sebanyak 200 paket.

 

Baca juga  LazisMU Target Himpun 250 Miliar Dana Bantuan

 

Paket itu, kata Tatang, berisi 5 Kg beras, 1 Kg Gula patok, 1 Kg Gula pasir, dan 1 Kg Kripik. “Masing-masing paket sudah dikemas dan siap diantar ke titik lokasi,” jelas Tatang. Selain penyerahan paket Kado Ramadhan, di desa ini juga akan digelar Layanan Kesehatan Keliling (LKK) bagi warga kurang mampu.

Layanan kesehatan bekerjasama dengan Tim Medis dari RSIJ Cempaka Putih, yang menerjukan dokter, perawat dan apoteker. Tatang menuturkan, Lazismu Bekasi juga turut dalam event ini dengan satu unit mobil ambulan. Sesuai rencana, Komunitas SJI akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pagi dan malam.

Sementara itupada Minggu (26/6)akan dibagian Kado Ramadhan di wilayah Bogor, Jawa Barat, lokasi Kado Ramadhan, berada di Desa Cipamingkis, Kecamatan Sukamakmur. Menurut Koordinator Kado Ramadhan Wilayah Bogor, Nazhori Author, ada 4 desa dengan jumlah 125 Kepala Keluarga.

"Di lokasi ini, angka putus sekolah yang dialami usia wajib belajar sebanyak 25 anak. Sementara mata pencarian warga adalah buruh tani. Kendati ada 2 sekolah dasar, namun jarak ke sekolah tersebut terbilang jauh. Di lokasi ini juga akan diberikan 200 paket kado ramadhan dengan isi yang sama,"ungkap Tatang.

Dalam waktu yang sama, bersama Komunitas Motor Cross Viar Tangerang, Lazismu akan menyisir medan yang lebih berat yaitu dikawasan Jasinga, Bogor. Jumlah paket yang sama akan diberikan dilokasi ini. (LAZISMU/Adam)

 

Baca juga

 

Shared:
Shared:
1