Spirit Al-Maun di Sudut Tempat Pembuangan Sampah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 22 Juni 2016 14:11 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA -- Sebagai wujud kepekaan sosial Muhammadiyah terhadap masyarakat pada Rabu (22/6) bertempat di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Piyungan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) menggelar aksi sosial yang didukung oleh  Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, dan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) .

“Kegiatan yang mengangkat tema Aksi bersama untuk sesama ini merupakan wujud penguatan kapasitas kelembagaan persyarikatan Muhammadiyah, bersinergi bersama-sama untuk membantu masyarakat,” ungkap Muhammad Nurul Yamin selaku Ketua MPM PP Muhammadiyah.

Kegiatan sosial yang diselenggarakan antara lain, yaitu pengobatan gratis, bazar pasar murah, pemberian sembako, dan juga pengajian inspiratif. “Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk masyarakat Piyungan, dimana masih cukup banyak masyarakat Piyungan yang cukup terbelakang dalam hal ekonomi maupun sosial,” tambah Yamin.

Yamin menambahkan, Muhammadiyah dalam memberikan bantuan tidak pernah memandang suku, politik, agama, maupun ras. “Muhammadiyah dalam membangun masyarakat ke arah yang lebih baik tidak pernah melihat latar belakang masyarakat yang akan kita bantu, karena dalam mewujudkan Indonesia berkemajuan dibutuhkan sinergi seluruh lapisan masyarakat, hal ini merupakan bagian dari implementasi spirit Al-Maun,” pungkasnya.

(Baca juga : Bagaimana Menghitung Zakat Mal Kita? Berikut Penjelasan Yunahar Ilyas )

Rektor UMY, Bambang Cipto yang turut hadir sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk syiar Muhammadiyah. “Melalui mahasiswa UMY yang akan melakukan KKN di TPST Piyungan ini merupakan bentuk syiar Muhammadiyah dalam menyebarkan kebaikan,” ungkapnya.

“Saya berharap mahasiswa KKN UMY dapat memberikan suatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar TPST Piyungan, dan juga memberikan masukan kepada pemerintah dalam hal mengatasi permasalahan volume sampah yang semakin meningkat di TPST Piyungan ini,”tambah Bambang.

TPST Piyungan yang terletak di Dusun Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul tersebut merupakan TPS terbesar yang ada di Yogyakarta, yang menampung sampah dari tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan kota Yogyakarta. (mona)

Reporter : Adam Qodar

 

Baca Juga :

Shared:
Shared:
1