Komitmen Membangun Pendidikan, Muhammadiyah Way Kanan Segera Dirikan Perguruan Tinggi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 19 Juni 2016 00:14 WIB

WAY KANAN, LAMPUNG, MUHAMMADIYAH.OR.ID -  Adanya suatu wilayah yang memiliki masyarakat yang modern dan berkemajuan tidak hanya diukur dari pesatnya perkembangan tekhnologi dan ekonomi, namun juga dapat dilihat dari kualitas pendidikannya, hal tersebut disampaikan Ketua PD Muhammadiyah Way Kanan, Joko Susantokepada reporter website muhammadiyah.or.id, Jumat (17/6)

Menyikapi hal tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Way Kanan Lampung berupaya membentuk dan mendirikan perguruan tinggi Muhammadiyah di kabupaten yang memiliki jargon Bumi Ramik Ragom itu.

“Pendirian perguruan tinggi itu sudah dalam tahap administrasi pemberkasan dan proses persiapan perizinan ke Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti)”, kata Joko.

“Alhamdulilah pembentukan perguruan tinggi Muhammadiyah di Kabupaten Way Kanan ini bukan lagi hanya wacana, melainkan sudah sampai pada tahapan administrasi pemberkasan serta syarat-syarat pendiriannya. Sebetulnya keinginan pembentukan perguruan tinggi ini sudah direncanakan sekitar 5 tahun yang lalu, namun akhirnya pada tahun ini progresnya baru bisa dilaksanakan.” Tambah Joko.

Lebih lanjut Joko,mengatakan pembentukan dan pendirian pendidikan tinggi di Way Kanan merupakan wujud komitmen Muhammadiyah dalam rangka keikutsertaanya membantu pemerintah di bidang pendidikan.

“Kalau ditanya apa sumbangsih Muhammadiyah bagi pemerintah, ya ini salah satunya. Yakni membangun sistem pendidikan secara konstruktif melalui pemerataan akses pendidikan jenjang perguruan tinggi.”ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Pendiri pendidikan tinggi Muhammadiyah Way Kanan, Dedi Iskandar mengatakan bahwa nama untuk perguruan tinggi yang akan bentuk adalah Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah.

“Setelah melalui konsultasi dengan jajaran Pemkab Way Kanan serta perumusan dengan internal pengurus PDM Way Kanan, maka disepakati nama perguruan tinggi yang akan dibentuk yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Way Kanan. Hal itu didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan sarjana bidang hukum yang diyakini memiliki prospek yang cerah. Saat ini Tim sudah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lain diantaranya Universitas Muhammadiyah Metro dan STIH Kotabumi.”ujarnya.

Pendirian perguruan tinggi di Way Kanan itu disambut baik oleh berbagai kalangan. Salah satunya yakni dari Munawar selaku penyuluh agama Kemenag Way Kanan. Menurutnya, kebutuhan pendidikan jenjang perguruan tinggi merupakan kebutuhan yang sangat urgent di Way Kanan.

“Untuk skup Lampung, pendidikan jenjang perguruan tinggi adalah kebutuhanyang sangat  urgent di Way Kanan. Karena fakta yang ada saat ini, banyak sekali mahasiswa asal Way Kanan yang harus menempuh pendidikan ke luar kota akibat tidak adanya lembaga pendidikan tinggi disini yang mengakomodir kebutuhan tersebut. Apalagi bidang hukum yang saya yakini memiliki prospek bagus di kabupaten ini.”tutur Munawar.

Namun demikian, Munawar berpesan kepada Tim Pendiri agar melakukan survei atau observasi melalui kuisioner yang dibagikan langsung kepada masyarakat sebagai penguatan dan bahan masukan terkait program studi apa saja yang diinginkan oleh masyarakat.(dzar)

Kontributor: Eko Prasetyo

Redaktur: Dzar Al Banna

Shared:
Shared:
1