Donasi Online di Lazismu Makin Mudah, Mau Tau Caranya?

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 16 Juni 2016 20:20 WIB

MUHAMMADIYAHG.OR.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Andar Nubowo mengatakan, potensi zakat umat Islam jika dikelola dengan baik, akan mendorong umat Islam berkontribusi lebih besar bagi peradaban dan pembangunan umat.

Potensi zakat di Indonesia, kata Andar, yaitu Rp.217 triliun pada tahun 2010 dan pada tahun 2016 dapat mencapai Rp.280 triliun. Sementara itu, penghimpunan nasional yang berasal dari lembaga zakat nasional baru mencapai 2,8 triliun.

“Potensi yang ratusan triliun bisa dihimpun untuk kepentingan umat,” ujar Andar saat memberikan sambutan dalam Launching Program Aksi Bersama untuk Sesama di Pusat Dakwah Muhamamdiyah, Menteng, Jakarta, Kamis (16/6).

Lazismu, kali ini, meluncurkan dua agenda yaitu layanan donasi online dan Tim Kado Ramadhan. Layanan donasi online ini, terang Andar, menggunakan aplikasi di Android dan iOS yang bersifat interaktif. Aplikasi ini juga dapat diunduh di Android dan Apple Store dengan kata kunci “LAZISMU”.

“Kita berzakat dengan simple. Ini cara kerja kami, Lazismu!” kata Andar terkait layanan donasi online yang menjadi media untuk berzakat itu. Donasi online inipun dapat diakses melalui www.sesama.id yang telah diluncurkan dalam Program Aksi Bersama untuk Sesama itu, Kamis (16/6).

Yakni di website tersebut, setiap orang  dapat memberikan donasi dengan berbelanja berbagai barang kebutuhan mulai dari alat ibadah hingga sembako. Kemudian, barang tersebut akan menjadi barang yang didonasikan bagi orang yang membutuhkan melalui Lazismu.

Agenda donasi online ini dipantau oleh lembaga pengawas, dewan syariah internal, Baznas, dan diaudit oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. “Prinsip kita akuntabilitas dan transparansi,” kata Andar. Selain itu, sambung dia, Lazismu ingin menerapkan layanan berbagi donasi dengan cara yang simpel dan santai.

“Zakat sebagai bagian dari lifestyle kita,” terang Andar tentang gaya berzakat ala Lazismu ini.

Selain agenda donasi online, Lazismu hari ini juga meluncurkan Tim Kado Ramadhan yang bersinergi dengan stakeholders dalam agenda Aksi Bersama untuk Sesama di kawasan Pak Kumis (Padat, Kumuh, Kantong Kemiskinan dan Bencana, serta Daerah Terpencil dan Terisolir).

Berbagai mitra akan membantu dalam agenda Lazismu kali ini di antaranya PT Pos dan Pegadaian agar menciptakan wakaf yang produktif. Selain itu, Lazismu bekerjasama dengan Suzuki Jip Indonesia (SJI), komunitas pemilik kendaraan merk Suzuki tipe Jip dan Swayanaka, yayasan sosial yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia yang berorientasi pada peran mahasiswa sebagai pemikir, begitupun komunitas motor trail, K2S (Adventure Offroad).

Stakeholders itu akan membantu mendistribusikan donasi ke berbagai pelosok daerah se tanah air. Juga, kerjasama dengan organisasi otonom dan amal usaha Muhamamdiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, majelis-majelis Muhamamdiyah, perguruan tinggi Muhamamdiyah dan rumah sakit,  juga cabang-cabang Lazismu yang tersebar di Indonesia.

Reporter: Ilma Aghniatunnisa

Redaktur: Ridlo Abdillah

Shared:
Shared:
1