GEMAR, Solusi Pencegahan Kejahatan Seksual

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 16 Juni 2016 09:47 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL -- Melihat realita semakin marak terjadinya pelecehan seksual dan pemerkosaan yang dialami oleh pelajar dan mahasiswa belakangan ini, menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu cara yang dapat meminimalisir hal tersebut yaitu dengan cara menutup aurat dengan benar, karena mengumbar aurat merupakan faktor terbesar yang menggugah hawa nafsu, sehingga terjadinya pelecehan seksual dan pemerkosaan.

"Menutup aurat bagi perempuan merupakan salah satu cara dalam menghindari terjadinya pelecehan seksual dan bahkan pemerkosaan, perempuan harus sadar bahwa menjaga auratnya merupakan hal yang paling penting," ungkap Lilis Rohmayanti selaku Ketua Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (NA) Kabupaten Tegal pada Minggu (12/6) dalam acara Pelantikan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

"Kejahatan seksual terhadap anak merupakan ancaman dan membahayakan jiwa anak, sekaligus telah menggangu rasa kenyamanan, ketentraman, keamanan, dan ketertiban masyarakat,"ungkap Lilis.

Menyikapi permasalahan tersebut, PC NA Kabupaten Tegal mengajak IPM dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Tegal untuk mengalakkan Kampanye GEMAR (Gerakan Menutup Aurat) kepada seluruh lapisan masyarakat. "Melalui Kampanye GEMAR tersebut kami mengajak masyarakat, khususnya bagi perempuan untuk mulai sadar untuk menutup auratnya. Selain itu dibutuhkan sinergitas antar ortom Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Tegal dalam menjalankan gerakan amar maruf nahi munkar ini kepada masyarakat," tambah Lilis.

Sementara itu, Tegal Santoso, selaku Ketua Pimpinan Daerah IPM Kabupaten Tegal mengungkapkan. "Kampanye yang akan dilakukan tersebut bersifat kontinuitas, perlahan tapi pasti kami melakukan kampanye tersebut, demi kebaikan dan keamanan bersama dalam mengatasi tindakan kejahatan," tutupnya.

Kontributor : Riza Awal

Redaktur

 

 

Shared:
Shared:
1