Pesantren Ramadhan Berbuah Santunan Bagi Warga Miskin

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 14 Juni 2016 06:46 WIB

KOTA METRO, MUHAMMADIYAH.OR.ID  – Mengangkat tema Membentuk Generasi Muslim Berkemajuan SD Muhammadiyah Metro Pusat menggelar pesantren Ramadhan 1437 H di gedung kampus 2 SD Muhammadiyah, Sabtu (11/6).

Andi Pebriudin, Master of training (MOT) mengatakan siswa yang mengikuti pesantren sebanyak 209 orang. Terdiri dari 100 siswa putra dan 109 siswa putri. “Tujuan diadakannya pesanten ramadhan dalam rangka penguatan aqidah, pemantaban ibadah, dan peneguhan akhlak mulia. Keseriusan pesantren ramadhan tahun ini dengan penentuan kelulusan”, kata Andi.

Andi menambahkan kelulusan keikutsertaan pesantren kilat ini ditentukan dari absensi kehadiran, nilai, sikap, dan keaktifan siswa. “Jika tidak lulus pesantren tahun ini maka siswa harus mengulang tahun depan bersama adik tingkatnya” tambahnya.

Ujung acara pesantren digelar bakti sosial di lingkungan sekolah yaitu santunan kepada fakir miskin dari infak yang terkumpul dari siswa. Selain itu, target satu juz pun diberikan kepada santri selama dua hari pesantren disesuaikan dengan nomor absen. "Siapa yang tembus tilawah nanti dapat hadiah", ujar Andi.

Ustadz Ismail, Wakil Kepala Sekolah bidang Agama Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA)  mengapresiasi atas pelaksanaan  pesantren tahun ini atas preatasi yang di raih. “Prestasi siswa 113 orang tuntas baca satu juz. Infak terkumpul Rp 3.415.000. Memberikan santunan kepada 15 tukang becak dan 19 warga miskin. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membantu menyukseskan acara ini,”ujarnya.

 

Kontributor: Nuni Nuryamah

Redaktur: Dzar Al Banna

Shared:
Shared:
1