Dahwan Mukhroji: PUTM Hadir Untuk Membentuk Kader Ulama

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 11 Juni 2016 10:23 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Dahwan Mukhroji selaku Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, mengatakan bahwa dalam mendidik kader ulama, Majelis Tarjih dan Tajdid membentuk Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). Pertimbangan terbentuknya PUTM tersebut dikarenakan kader ulama Muhammadiyah semakin sedikit.

“Muhammadiyah hingga saat ini perkembangannya sangat pesat, sehingga kebutuhan akan kader ulama Muhammadiyah di daerah sangatlah dibutuhkan. Majelis Tarjih dan Tajdid dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan membentuk PUTM, agar kader-kader ulama Muhammadiyah semakin bertambah dan berkembang,”ungkap Dahwan dalam acara Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah pada Sabtu (11/6) bertempat di Gedung AR Fachrudin B Kampus UMY.

Lembaga pendidikan kader ulama yang didirikan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid selain menambah jumah kader ulama Muhammadiyah, juga menciptakan kader ulama yang berkualitas. “Kami tidak hanya terfokus pada kuantitas kader ulama Muhammadiyah saja, namun dari segi kualitas juga menjadi poin penting,” tambah Dahwan.

Dahwan melanjutkan, pasca Tanwir Muhammadiyah tahun 2007,  PUTM dijadikan sebagai lembaga pendidikan perkaderan tarjih yang berijazah formal. “Sebagai realisasinya, bertujuan untuk membentuk sarjana strata S1 dan kader ulama, yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan risalah islamiyah,” tambah Dahwan.

“Selain di jalur pendidikan, Majelis Tarjih dan Tajdid, juga bergerak di jalur pelatihan, melalui pelatihan kader tarjih tingkat nasional dan pelatihan hisab. Juga ada kajian-kajian tertentu seputar dunia tarjih, harapannya kader-kader Muhammadiyah dapat tertarik untuk menjadi kader ulama,” tutup Dahwan. (mona)

 

Kontributor : Fathi

Redaktur : Adam

Shared:
Shared:
1