Anhar Gonggong : Soekarno Belajar Islam Karena Mengikuti Jejak KH. Ahmad Dahlan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 10 Juni 2016 17:20 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL- Peranan tokoh Muhammadiyah dalam mendirikan bangsa Indonesia sangatlah besar. Muhammadiyah selain berperan dalam mendirikan Bangsa Indonesia juga telah memberikan pemahaman tentang Islam kepada Presiden RI pertama Soekarno.

“Jasa Muhammadiyah terhadap Bangsa Indonesia sangat lah luar biasa, bahkan Soekarno pun belajar dan memahami Islam dari KH. Ahmad Dahlan,”ungkap Anhar Gonggong Sejarawan Indonesia dalam acara Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah pada Jumat (10/6) bertempat di Gedung Ar Fachrudin B lantai 5 Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Anhar mengungkapkan, hal penting yang harus ditiru oleh sosok KH. Ahmad Dahlan yaitu bagaimana KH. Dahlan terlebih dahulu melakukan perubahan terhadap dirinya sendiri, kemudian melakukan perubahan bagi orang lain, yaitu dengan mendirikan Muhammadiyah.

“Sosok KH. Dahlan sebelum mendirikan Muhammadiyah telah berhasil membawa perubahan terhadap dirinya sendiri, yang kemudian setelahnya turut membawa perubahan terhadap masyarakat dan Bangsa Indonesia, itu lah sosok pemimpin yang harus di contoh oleh pemimpin-pemimpin Bangsa Indonesia,”ujar Anhar.

Anhar berpesan kepada Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) untuk menghasilkan sosok-sosok seperti KH. Ahmad Dahlan. “Bagi kader-kader Muhammadiyah, marilah rubah diri kalian terlebih dahulu, jika sudah layak untuk merubah orang lain, baru lah bawa perubahan itu dengan sungguh-sungguh. Indonesia tidak akan maju jika masyarakatnya hanya peduli dengan diri sendiri, tidak peduli dengan lingkungan dan bangsanya,”tutupnya. (Adam/Aji)

Shared:
Shared:
1