MDMC Pusat Gelar Workshop Penataan Kinerja Tim Bencana

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 08 Juni 2016 12:30 WIB

Yogyakarta, - Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau yang lebih dikenal dengan MDMC (Muhammdiyah Disaster Management Center) menggelar workshop penyusunan modul program kerja yang dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 5 Juni 2016 bertempat di University Hotel Yogyakarta.

Workshop penyusunan modul yang diikuti oleh Tim MDMC Yogyakarta dan perwakilan Tim SAR Provinsi Jawa Tengah tersebut dibagi dalam beberapa bidang penanganan. Seperti diungkapkan oleh Budi Setiawan selaku Ketua MDMC Pusat. "Diantaraya adalah bidang pendidikan dan sekolah aman, bidang psikososial, bidang jamaah tangguh, bidang materi dasar kebencanaan, bidang sar, bidang medis dan bidang bisnis dan ekonomi,"ungkapnya.

Ditambahkan oleh Budi,terselenggaranya workshop penyusunan modul tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat lembaga yang ada di masing-masing wilayah serta mampu bekerjasama dengan MDMC di berbagai wilayah.

“Nantinya, output yang dihasilkan jangan hanya modul yang nampak saja. Jadikan modul yang telah tertata sebagai acuan dalam pelaksanaan program di lapangan,"u ngkap Budi.

Kembali ditambahkan oleh Budi, harapannya dengan diadakan workshop penyusunan modul menjadi arahan yang jelas serta dapat berfungsi di berbagai wilayah yang rentan terdampak bencana.

“Ketika kapasitas sumber daya manusia (sdm) rendah, ditambah masyarakat yang tidak memahami ancamannya, maka dapat dipastikan resikonya semakin tinggi. Modul ini nantinya diharapkan dapat menjadi jawabannya," tutup Budi. (mona)

 

Kontributor : MDMC

Redaktur : Adam Qodar

Shared:
Shared:
1