Tingkatkan Minat Menulis, UMY Selenggarakan Blog Contest

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 18 November 2011 15:18 WIB

 

Yogyakarta- Dalam upaya membudayakan minat dan kebiasaan menulis di lingkungan akademis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan UMY Blog Contest bagi seluruh civitas akademika, baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan. Kontes blog tersebut, merupakan kontes blog keempat yang dilakukan UMY sejak 2010 lalu.
 
 
Disampaikan Wakil Rektor III UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph.D saat memberikan sambutan pada Workshop Blogging sekaligus sosialisasi 4th UMY Blog Contest yang diselenggarakan Kamis (17/11) di Ruang Sidang Gedung AR Farhudin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY, kontes blog merupakan salah satu sarana untuk mendorong pemikiran dan ide terutama mahasiswa, untuk dituangkan ke dalam tulisan.
 
 
Sri mengungkapkan, saat ini UMY tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritual dan keislaman. UMY sebagai sebuah lembaga pendidikan juga berupaya untuk terus berupaya menyeimbangkan nilai-nilai tersebut pengembangan nilai-nilai intelektualitas. Dengan adanya blog, selain kemampuan kritis penulis menjadi terasah, saling tukar informasi menjadi nilai penting bagi pengembangan intelektualitas tersebut.
 
 
Sri juga menjelaskan, saat ini, dunia maya menjadi semakin tidak terbatas. Akses untuk menperoleh informasi apapun sudah semakin mudah. Hal tersebut menjadi indikator bahwa semestinya semakin banyak mahasiswa yang memanfaatkan ini untuk meningkatkan intelektualitas. Dunia maya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif, bukan hal negatif. “Kita tidak dapat menentukan apakah teknologi sesuatu yang positif atau negatif. Yang positif atau negatif adalah penggunanya” jelas Sri.
 
 
Sementara Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi, ST, MT menjelaskan indikator penilaian blog contest ini tidak hanya dilihat dari kuantitas tulisan, upaya memberikan komentar di artikel tulisan orang lain juga merupakan salah satu indikator. Blog Contest ini diharapkan tidak sekedar dijadikan sebagai wahana untuk menulis. Blog Contest ini juga dijadikan pendorong mahasiswa untuk juga gemar membaca. “Tanpa membaca kita tidak akan dapat menghasilkan tulisan yang bagus. Komentar di artikel orang lain merupakan salah satu tanda mereka membaca. Selain itu, dapat menambah jaringan dan pertemenan di dunia maya”, terang dosen Teknik Informatika UMY ini. (www.umy.ac.id)
Shared:
Shared:
1