Yunahar Ilyas: Dakwah Komunitas Itu Juga Politik Dakwah Syahadah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 23 Mei 2016 00:17 WIB

BANTUL, MUHAMMADIYAH.OR.ID -- Pesebaran dakwah Muhammadiyah menjadi salah satu isu penting dalam konsolidasi nasional jelang Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan (KNIB) besok Senin, (23/5).

Ketua PP Muhammadiyah bidang Tabligh dan Tarjih, Yunahar Ilyas Muhammadiyah ituharus menjadi referensi dan rujukan organisasi lain. “Bagaimana berbangsa dan bernegara dalam bidang politik contohlah Muhammadiyah”,ujarnya, di UMY, Ahad (22/5).

Yunahar menambahkan, bahwa komunitas atau jamaahpenting dibina dan memberikanuntuk dakwah pencerahan. Menurut Buya Yunahar Dakwah Muhammadiyah harus Membebaskan. Memebebaskan umat dari penyembahan  manusia sesama makhluk menuju menyebah khalik. Dakwah yang Memberdayakan, Pemberdayaan dari kemiskinan dengan pemberdayaan ekonomi. Dakwah yang Memajukan.

Lebih lanjut, Yunahar mengatakan bahwa Dakwah harus sesuai dengan status komunitas, dan memilih dengan akal, atau analisis mad'u. “Dalam memilih tahapan, metodenya harus menggunakan nash dan aqli (hikmah),” terangnya.

Selanjutnya dengan mau'dzotul hasanah (cara yang baik), dan selanjutnya baru dengan dialog yang baik,Kedepan Muhammadiyah harus lebih fokus dakwah di komunitas, sehingga memperkuat basis Muhammadiyah.

“Dakwah Muhammadiyah kedepan harus offensive, tidak boleh deffensive. Kalau ingin memperbaiki pertahankan maka kita harus pintar menyerang,”  tutup Yunahar.

 

Reporter: Indra Jaya Sikumbang

Redaktur: Dzar Al Banna

Shared:
Shared:
1