Membiasakan Membaca dapat Pengaruhi Stimulus Kerja Otak Anak

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 19 Mei 2016 12:43 WIB

Lampung - Melalui buku sebagai bahan bacaan mampu memberikan nutrisi pada otak berupa informasi dan pengetahuan. Selain itu pula dengan membiasakan membaca pada anak sejak dini akan mempengaruhi stimulus kerja otak yang akan berdampak di usia selanjutnya.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Dedi Iskandar selaku Ketua bidang Infokom Pemuda Muhammadiyah Way Kanan dalam acara Seminar yang diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia pada Rabu (18/5) bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

"Masa anak-anak pada jenjang PAUD dan TK adalah masa golden age, dimana masa otak anak mudah menyerap segala informasi yang diterimanya. Maka dengan membiasakan membaca pada anak sejak dini akan mempengaruhi stimulus kerja otak yang akan berdampak di usia selanjutnya,"ungkap Dedi.

Ditambahkan oleh Dedi bahwa lembaga pra-sekolah jenjang PAUD dan TK berperan penting dalam membentuk pola perilaku anak. "Bertepatan dengan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei mari kita jadikan momentum tersebut untuk mengajak masyarakat lebih mencintai buku, utamanya bagi anak-anak usia dini (red PAUD dan TK),"tambahnya.

Sementara itu Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Lampung Eni Amaliah menyampaikan bahwa seminar yang dilaksanakan tersebut selain dalam rangka program tahunan IPI, juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai Hari Buku Nasional.

“Seminar ini merupakan sarana untuk memberitahukan pada masyarakat bahwa setiap tanggal 17 Mei adalah Hari Buku Nasional. Sebab pada hari itu banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Selain itu juga, kegiatan ini adalah bentuk upaya dalam membantu pemerintah meningkatkan budaya baca masyarakat. Maka dari itu sudah saya pesankan kepada guru-guru PAUD dan TK yang hadir dalam acara ini untuk menjadwalkan kunjungan rutin ke perpustakaan daerah setempat,"ungkap Eni.

Komentar terkait seminar tersebut turut diutarakan oleh Salah satu guru TK dari Kecamatan Blambangan Umpu Sumini.  “Dengan mengikuti seminar ini cakrawala berpikir saya menjadi terbuka. Ternyata mendidik anak TK tidak cukup hanya dengan diajak bermain dan bernyanyi, namun juga harus dibarengi dengan pola kebiasaan membaca yang harus sudah ditanamkan sejak dini. Selesai dari seminar ini akan langsung saya terapkan kepada anak-anak didik di TK saya,"ujarnya. (abey)

 

 

Kontributor    :   Eko Prasetyo

Editor             :   Adam Qodar

Shared:
Shared:
1