Kemiskinan Tantangan Dakwah Cabang Muhammadiyah Waleri

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 15 Mei 2016 13:48 WIB

Batang -- Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Weleri menerima kunjungan Silaturrahim dari Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah  (PCPM) Batang, Kamis Malam, (12/05).

Heru Ardiasaputra Ketua PCPM Weleri, mengatakan, bahwa  silaturarhim ini dimaksudkan untuk bertukar pikiran pelaksanaan program kegiatan antar Cabang Pemuda Muhammadiyah.

Letak geografis Cabang Muhammadiyah Weleri dan Muhammadiyah Batang cukup berdekatan. PCPM Weleri mempunyai program yang fokus pada persoalan ekonomi. Hal tersebut didasarkan pada kondisi daerah Weleri yang masih terbilang kurang maju.

Menurut Heru, Angka kemiskinan di Weleri masih tinggi sehingga dengan demikian agenda  kristenisasi mudah masuk.  “Ibarat pepatah “weteng ngelih pikiran malih” (Perut lapar pikiran berubah-ubah),”kata Heru.

Heru juga  mengatakan bahwa sebagian besar siswa yang sekolah di SMP/SMA Kristen di Weleri adalah siswa beragama Islam yang notabene berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan iming-iming sekolah gratis terkadang  membuat masyarkat rela menggadaikan aqidahnya, tambah heru.

Menanggapi masalah tersebut, Pemuda Muhammadiyah Weleri bersepakat untuk mengambil peran penguatan dakwa dalam bidang ekonomi. Beberapa program kerja yang sudah dijalankan akan diperkuat seperti, “Jumat Berkat (membagi nasi setiap Jumat pagi), “Estiga” (santunan beasiswa), “Yellow Page” (database penngusaha Muhammadiyah) dan “Gerakan Beli di Warung Tetangga.

Sedang PCPM Batang akan lebih fokus dalam penguatan pengkaderan, hal tersebut di latar belakangi oleh minimnya kader persyarikatan di Batang.  “PCPM Batang akan bertekad keras  untuk mencetak kader-kader persyarikatan yang tangguh, ikhlas cerdas dan berintegritas,” kata Burhan Hidayat Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Batang. 

Kontributor : Bagas

Redaktur : Lutsfi Siswanto

Shared:
Shared:
1