Tepat 54 Tahun UHAMKA Menerima Penghargaan Bintang Satu QS Star

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 04 November 2011 09:10 WIB

Jakarta- Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka berhasil meraih peringkat bintang satu QS Star. QS-Star Rating System merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh QS (Quacquarelli Symonds)- sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pendidikan dan studi luar negeri yang berkantor pusat di London. Program tersebut berupa penilaian terhadap kinerja perguruan tinggi. Hasil penilaiannya berupa rating, bukan ranking seperti program QS World Universities Ranking yang juga dipublikasikan oleh QS. QS World Universities Ranking sendiri secara periodik merilis Top 500 dunia atau Top 200 regional seperti asia, eropa, atau regional lainnya. Sedangkan skala rating pada QS-Star berupa jumlah bintang, mulai dari bintang satu sampai bintang lima.

Kriteria dan Indikator Penilaian. QS-Star Rating System menggunakan 8 kriteria yang terdiri dari 4 kriteria utama, 3 kriteria tambahan, dan satu kriteria specialist-subject. Kriteria utama yaitu (1) Research Quality dengan 4 indikator (2) Graduate Employability dengan 4 indikator, (3) Teaching Quality dengan 8 indikator,dan (4) Infrastructure dengan 14 indikator. Kriteria tambahan meliputi, (a) Internationalisation dengan 3 indikator, (b) Innovation and Technology Transfer dengan 4 indikator, (c) Third Mission dengan 3 indikator.

Penetapan “bintang”ditentukan berdasarkan nilai atau skor akhir dari seluruh indikator. Passing grade untuk “Bintang Satu” sampai “Bintang Lima” berturut-turut adalah 100, 250, 400, 550, dan 700.

UHAMKA merupakan salah satu perguruan tinggi penerima hibah bantuan QS Stars program tahun 2010.  Setelah melalui proses penyusunan  borang QS Star dengan menyesuaikan criteria dan indicator yang dipersyaratkan pada akhirnya UHAMKA memperoleh bintang berdasarkan hasil dari penilaian borang tersebut.

Pengisian Borang QS Star dilakukan secara elektronik. Data-data yang dikirim antara lain meliputi : sarana prasarana, data penelitian, data kepegawaian, data pengajaran, data kemahasiswaan,  data kegiatan internasional, dan hal-hal spesifik lainnya. Dan semuanya dikirim melalui email.

Pada tanggal 18 November 2011 bertepatan dengan 54 tahun UHAMKA, Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd  akan menerima penghargaan QS Star bintang satu. Keberangkatan Rektor UHAMKA akan didamping Wakil Rektor I, Dr. H. Muchdie, MS, Ka. Biro Kerjasama Humas dan Promosi, Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd. serta Kepala Bagian Promosi, Drs. Munawar Rahman, MM.

Shared:
Shared:
1