UMM Tembus 10 Besar Dunia Webometrics untuk Aspek Openness

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 18 Desember 2015 16:34 WIB

Malang- Werbsite Universitas Muhammadiyah Malang kembali dapat menembus 10 besar dunia pada aspek Openness (Google Scholar) pada webometrics edisi tengah tahun 2015 lalu.  Seperti diketahui,  “The Webometrics Ranking of World Universities" merupakan salah satu pemeringkatan universitas di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Spanyol.  Organisasi ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain dari Spanyol R & D system (universitas, mengatur otonom, organisme penelitian publik dan swasta lainnya) dan dengan agen sosial, ekonomi, nasional maupun asing yang memberikan kontribusi dengan kapasitas penelitian dan sumber daya manusia dan material dalam pengembangan proyek penelitian atau di bawah bentuk konsultasi dan dukungan ilmiah dan teknis. CSIC didirikan pada tahun 1939 dari badan sebelumnya, Junta para la Ampliación de Estudios e Investigaciones Científicas yang didirikan pada tahun 1907, di bawah kepemimpinan Prof. Ramón y Cajal. 

Ranking Web atau Webometrics adalah peringkat akademik terbesar dari Lembaga Pendidikan Tinggi. Sejak tahun 2004 dan setiap enam bulan dilakukan penilaian secara  independen, objektif, bebas, ilmiah dan terbuka telah dilakukan oleh Cybermetrics Lab (Spanyol Dewan Riset Nasional, CSIC) untuk memberikan informasi tentang kinerja universitas dari seluruh dunia berdasarkan kehadiran website mereka dan dampaknya.

Webometrics menilai website universitas berdasarkan 4 aspek, yaitu: Presence (banyak halaman website) dengan bobot 10%, Impact (visibility, banyaknya link eksternal) dengan bobot 50%, Openness(Keterbukaan File yang dilihat dari banyaknya file PDF yang dihitung oleh Google Scholar) dengan bobot 10%, serta Excellence (Keunggulan, yaitu banyaknya file ilmiah yang dikutip oleh Scimago) dengan bobot 30%.  Setiap aspek akan dinilai dan diranking secara parsial serta dihitung nilai kumulatif dan membentuk ranking universitas. 

Berdasarkan ranking yang dirilis pertengahan tahun 2015 lalu, website UMM memang masih belum dapat menembus ranking baik (untuk nilai keseluruhan), namun untuk aspek Openness, UMM berhasil masuk urutan 10 besar dunia, di bawah: Cornell University, Tel Aviv University, University of Hongkong, Masatyk University in Brno, Open University UK, Universiade de Sao Paulo USP, Universidad Autonoma de Nuevo Leon, Gunadarma, dan Universidad Nacional Autonoma de Mexico.  Peringkat 10 besar aspek Openness 2015 dapat diakses melalui:  http://www.webometrics.info/en/world?sort=asc&order=Openness%20Rank*, dan pada gambar di bawah ini.

Sementara itu menurut Anggota Devisi Pengembangan IT Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Suyatno saat dihubungi redaksi website Muhammadiyah mengungkapkan, Hasil ini setidaknya membuktikan bahwa UMM sudah diperhitungkan secara internasional serta menembus World-Class University.  "Masih diperlukan kerja keras lagi untuk meningkatkan ranking secara keseluruhan (overall), dengan meningkatkan tiga aspek lain yang bobot nilainya lebih tinggi, terutama visibility yang bobotnya mencapai 50%," jelasnya Jum'at (18/12).  (Inf) (mac).

Shared:
Shared:
1