Kuliah Umum Himagri UMM Hadirkan Presiden IIBF

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Oktober 2011 14:41 WIB

 

Malang-Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Public Lecture tentang kewirausahaan. Kegiatan ini akan dilangsungkan di ruang teater UMM Dome, Sabtu (15/10) mendatang.

Ketua Himagri, M. Arif Affandi Suprayitno, menerangkan narasumber kuliah umum itu adalah presiden Indonesian Islamic Busseness Forum (IIBF), Heppy Trenggono. Heppy dikenal sebagai pebisnis handal yang memiliki concern kuat mengembangkan basis bisnis untuk umat Islam. Gerakan “Beli Indonesia” yang dikenalkannya, mengajak orang Indonesia lebih menyintai produk lokal sehingga bisnis dalam negeri bisa tumbuh pesat.

“Di tengah kepungan import sayur, buah-buahan, dan produk lain seperti sekarang, saya kira bisnis local harus diperkuat dengan gerakan ini,” kata Fandi, panggilan akrab ketua Himagri itu.

Hal sama dibenarkan Sekjen IIBF, Saud El-Hujjaj. Dia mengaku pihaknya sudah mensosialisasikan gerakannya kepada tokoh-tokoh seperti dari kalangan Muhammadiyah dan NU. Sebagai kader Muhammadiyah, dia juga menghadap mantan Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. A. Syafii Maarif untuk memperoleh dukungan. “Alhamdulillah Buya (Syafii Maarif) sangat mendukung. Beliau malah mengatakan, Muhammadiyah harus mengambil peran besar untuk gerakan entrepreneurship Islam ini,” ujarnya.

Untuk menyukseskan acara, Himagri telah berkoordinasi dengan IIBF Malang. Hal ini untuk memastikan agar kuliah ini tak sekedar ceramah tetapi juga memiliki prospek tindak lanjut yang riil di masa datang. “Pesertanya selain dari mahasiswa FPP sendiri, kami juga mengundang anggota jaringan IIBF. Kemarin sudah ada konfirmasi mereka dari Surabaya dan Madiun,” kata Ketua Pelaksana, Yaser Kasenda.

 Kepala University Farm UMM, Pulung Sudibyo, mengatakan akan menjadikan momentum kuliah ini sebagai titik awal mengenalkan kepada mahasiswa tingkat pertama tentang dunia bisnis di bidang pertanian dan peternakan. Dengan demikian, selama kuliah di FPP UMM nantinya diharapkan sudah tertanam mentalitas menyintai dunia pertanian dan peternakan yang memiliki prospek bisnis luar biasa di masa datang.

“Sebagai unit bisnis universitas, University Farm siap membantu pemasaran produk bisnis mahasiswa, selain produk temuan dosen,” kata Pulung. (www.umm.ac.id)

Shared:
Shared:
1