Kepahlawanan Ki Bagus Hadikusumo, Keikhlasan dan Penderitaan Pemimpin

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 19 November 2015 00:50 WIB

YOGYAKARTA- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Program Pascasarjana bekerja sama dengam Ahmad Safii    Maarif School mengadakan seminar yang mengangkat tema tentang          “ Kepahlawanan Ki Bagus Hadikusumo, Keikhlasan dan Penderitaan Pemimpin” yang diadakan di ruang sidang gedung pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Rabu (18/11/2015).

 Acara yang di mulai dari jam 09.00 WIB ini dihadiri oleh empat pembicara  yaitu  prof. Buya safii maarif, Dr.Khaedar Nasir, Dr. Gunawan Budianto dan Dr. Martino Sardi. Dalam acara tersebut  hadir pula rector UMY Profesor Bambang Cipto, dalam kesempatan tersebut bambang cipto mengumgkapkan bahwa pihaknya mengusulkan agar perjuangan ki bagus hadikusumo ini di filmkan.

“Kisah perjuangan Beliau sudah selayaknya diangkat ke layar lebar, tidak hanya didokumentasikan dalam bentuk karya tertulis, kami dari UMY siap mendukung jika perjuangan Ki Bagus ini difilmkan, supaya masyarakat mengetahui lebih jauh tentang sosok dan perjuangannya," ungkapnya

Dalam kesempatan ini juga , Buya  Syafii Maarif mengatakan bahwa sosok Ki Bagus merupakan salah satu pendiri negara yang keras, tegas namun luwes. Sikap tersebut berkat gemblengan dan ajaran pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

"Sikap Ki Bagus merupakan buah dari ajaran-ajaran K.H. Ahmad Dahlan. Mungkin kalau tidak dididik oleh Kiai Ahmad Dahlan, beliau hanya menjadi jadi seorang kiai biasa," ungkap Buya Syafii

Selain itu Buya safii juga menyampaikan bahwa seorang pemimpin tidak boleh miskin apalagi jika akan masuk di ranah politik.

“ saya setuju bahwa pemimpin tidak boleh miskin apalagi kalo mau masuk politik, jika tidak nanti politik menjadi mata pencaharian, maka  akan  rusak nanti, karena mentalitas seorang miskin itu repot” ungkapnya.

Acara yang berakhir 11.32 WIB ini diakhiri dengan jamuan makan siang bersama oleh pihak penyelenggara. (Sila) (dzar)

Shared:
Shared:
1