Muhammadiyah Nilai Ada Pelemahan Terhadap Pemberantasan Korupsi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 14 November 2015 18:22 WIB

Jakarta - Belakangan isu soal KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) cenderung tenggelam dengan isu kabut asap dan berbagai isu lain. Kasus-kasus korupsi berskala besar tidak ditangani dengan baik, dan tidak pula dijadikan komitmen bersama dengan lembaga hukum terkait. Adanya stagnasi dalam proses hukum kasus korupsi sehingga terkesan berlarut-larut dan dibiarkan. Ada indikasi lamanya proses tersebut akibat adanya intervensi politik dalam kasus yang sedang diproses. Adanya dugaan pelemahan KPK secara sistematis melalui revisi UU yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir saat jumpa pers bersama wartawan didampingi Wantimpres, KH Hasyim Muzadi, Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, dan Bendahara PP Muhammadiyah, Marpuji Ali di gedung PP Muhammadiyah Jakarta, Menteng Raya 62, Jakarta Pusat, Kamis kemarin (12/11).

Haedar Nashir mengajak seluruh pihak untuk ikut bergerak dalam upaya pemberantasan korupsi. Kita percaya ada (kinerja) dari Kejaksaan, Kepolisian, tapi kita agak pesimis jika harus menuntaskan sebuah kasus korupsi tanpa peran institusi KPK," tutur Haedar.

Muhammadiyah memandang sampai saat ini peran KPK masih sangat diperlukan meski ada kepolisian dan kejaksaan yang juga bisa mengusut kasus korupsi. Tanpa KPK, Haedar mengaku pesimistis kasus korupsi bisa terselesaikan.

"Kami mau memberikan dukungan dari sisi moral kepada para pejabat untuk berkomitmen kembali dalam memberantas korupsi. Pemberantasan korupsi tidak boleh terganggu," kata Haedar.

Hadir pula mantan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi, yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres). Hasyim menilai selama ini KPK telah dihantam oleh para koruptor, baik individu maupun berkelompok. "Kami ingin memberikan dukungan moral bagi KPK agar bisa menegakkan fungsinya sampai institusi konvensional efektif memberantas korupsi," katanya. (dzar)

 

Pernyataan Pers PP Muhammadiyah, Tentang Masalah Korupsi dan Eksistensi KPK

Shared:
Shared:
1