SD Muhammadiyah Sokonandi Sabet Juara dalam Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 10 November 2015 15:39 WIB

Yogyakarta -Siswa SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta kembali berprestasi dalam dunia teknologi Robotik. Dalam kejuaraan tingkat Nasional yang bertajuk Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta 24-25 Oktober 2015. SD Muhammadiyah Sokonandi memborong  juara 1 – 3.

 "Dalam Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 untuk siswa SD lombanya hanya Robot Penjejak Cahaya (light surveillace Robot), alhamdulillah kejuaraannya diborong sekolah kami," demikian disampaikan oleh Kapala Bidang Kesiswaaan Sriningsih Wahyu Pangesti, SH di SD Muhammadiyah Sokonandi, Sabtu (31/10).

Seperti disampaikan Sriningsih Wahyu Pangesti, robot rakitan siswa SD Muhammadiyah Sokonandi yang disebut light surveillace Robottersebut mencari jejak cahaya, yang akan memburu sumber cahaya itu. Dengan syarat lingkungan harus gelap sehingga bisa menjejak sumber cahaya. Sumber cahaya tersebut dapat berasaldari lampu senter, lampu motor, atau lampu mobil. Apabila lingkungan terang benderang oleh sinar matahari, robot tersebut tidak bisa mendeteksi sumber cahaya. Dalam perakitan Robot Light Follower tersebut satu unit robot menghabiskan biaya Rp 1.250.000,-.

Pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 ada 41 tim yang mengikuti lomba, sedang SD Muhammadiyah Sokonandi sendiri mengirimkan enam tim dengan dua orang personel setiap tim. Untuk mengikuti lomba ini para siswa berlatih intensif sebulan terakhir setiap Sabtu sore sehabis jam pelajaran.Dalam kategori light surveillace Robotini Robot diadu kecepatannya dalam menjejak cahaya dan menjadi  juaranya adalah yang tercepat. Demikian uraian Fitri Umiyati koordinator Ekstra Robotik SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta.

Adapun siswa SD Muhammadiyah Sokonandi yang menjadi juara adalah Juara 1 Khaffah Abdillah Sahih kelas 5 D dan Muhammad Akbar Wiratama Putra kelas 5 D. Juara 2 Aksatriya Acitya Abiyyu kelas 4 A dan Adinda Nayla Azzahra kelas 4 A. Juara 3 Aqilla Graditya Putra kelas 5 C, Diatrie Padma Sari kelas 5 D. Para pemenang mendapatkan trophy bergilir dan sertifikat dari Kementrian Negera Riset Tekonologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (khusus juara 1) dan trophy tetap KRPY 2015 dari Walikota Yogyakarta. Selamat anak-anak semoga menjadi kader Muhammadiyah handal masa depan. (mac)

Shared:
Shared:
1