MDMC Turunkan Tim Respon Bencana Asap

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 06 November 2015 16:23 WIB

Yogyakarta -  Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan beberapa kegiatan terkait dengan respon bencana asap di Sumatera dan Kalimantan. Tiga kota yang dikunjungi oleh tim dari LPB PP adalah Palembang, Jambi dan Palangkaraya yang dilaksanakan pada akhir bulan Oktober selama satu minggu.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh  Arif Nur Kholis, Sekretaris LPB PP Muhammadiyah, kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah koordinasi dengan Muhammadiyah setempat, evaluasi kegiatan penanganan asap oleh Muhammadiyah setempat yang telah berjalan, dan  membangun sinergi dengan pemerintah daerah.

“ Tujuan dari kunjungan ke daerah tersebut juga untuk menginisiasi bentuk-bentuk pendampingan yang lebih optimal, seperti safe house, safe school juga pelayanan kesehatan,” jelas Arif.

“Sebelum tim LPB PP datang, LPB di masing-masing daerah terkena bencana asap mengkoordinir pembagian masker dan pelayanan kesehatan.MDMC mengkoordinasikan kegiatan didaerah dengan membagi masker dan pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Selain itu RS PKU Muhammadiyah Gombong juga mengirimkan Komite Kesehatan Bencana yang juga bekerjasama dengan LPB PP. Tim ini memberikan pelayanan kesehatan warga di Kota Jambi, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Barat yang dipimpin langsung olehdr. Ibnu Naser Arrohimi, direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong. (mona)

Shared:
Shared:
1