Geliat Komunitas dan LAZISMU Qurban Bersama di Gunungkidul

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 26 September 2015 14:49 WIB

Yogyakarta - Tahun ini Perayaan Idul Adha 1436 H turut serta dirasakan warga Nglegi, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini menjadi perhatian Komunitas otomotif IOF2X1 Pengda DIY dan LAZISMU Yogyakarta yang melakukan Qurban Bersama di desa Nglegi. Komunitas IOF2X1 merupakan mitra LAZISMU yang selalu aktif bekerjasama dalam kegiatan sosial. Kemarin Jumat (25/9) bersama LAZISMU selain memberikan bantuan belasan hewan Qurban, IOF2X1 juga menyumbang bantuan Air Bersih yang disalurkan dengan truk tangki, ke beberapa rumah warga yang tekena dampak kekeringan karena musim kemarau.

AKP Mujiana, Ketua IOF2X1 Pengda DIY mengatakan, bantuan maupun sedekah komunitas IOF2X1 ini merupakan bentuk solidaritas dari rekan-rekan motor tril yang ada di Yogyakarta. "Selain lokasi Nglegi Gunungkidul, kami juga menyebar Qurban ke beberapa titik pelosok di Kulonprogo dan Sleman," ujarnya. Mujiana berharap kegiatan seperti ini dapat terus digelorakan bersama kawan-kawan komunitas motor trill (IOF2X1) supaya makin peduli pada kondisi masyarakat dimana kita tinggal.

Tonton Videonya: https://youtu.be/iaFL-i1QPY8


Qurban Sedekah Edukatif dan Komunitas Rumah Baca

Qurban bersama untuk sesama  yang dilaksanakan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) tersebar sampai ke daerah pelosok. Salah satunya pelaksanaan penyembelihan kurban di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Trukan Karangasem Paliyan Gunung Kidul Yogyakarta. Kegiatan #QurbanBersama ini bekerja sama dengan Rumah Baca Komunitas (RBK) dan Sedekah Kreatif Edukatif (SKE).

Serangkaian kegiatan dilakasanakan selama dua hari yaitu pada Kamis-Jumat, 24-25 September 2015. Pada hari pertama relawan dari SKE mengajak para siswa di sekolah tersebut untuk bermain dan belajar bersama, pelatihan membuat mading untuk siswa kelas 4-5 , ada kegiatan mendongeng untuk siswa kelas 1-3  bersama relawan dari RBK.

Hari kedua (25/09) kegiatan dipusatkan pada penyembelihan dan pembagian hewan kurban. Ada 7 ekor kambing dan satu ekor sapi yang disembelih di lokasi tersebut. Meskipun ada kegiatan penyembelihan, tim SKE dan RBK juga mengadakan lomba kreatif bersama siswa-siswa di madarasah tersebut. (Mona) (dzar)

Shared:
Shared:
1