Muhammadiyah Pangkep Manfaatkan Limbah Jadi Pakan Ternak

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 06 Oktober 2011 14:46 WIB

 

Pangkajene Kepulauan-Majelis Pemberdayaan Maasyarakat Muhammadiyah Pangkep kembangkan pertanian terpadu berbasis pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit,perusahaan swasta dan pemerintah setempat dengan sistem pengolahaan limbah warung makan untuk di jadikan pupuk dan pakan organik, demikian ungkap Ir.Zulkifli,Ketua MPM Muhammadiyah Pangkep, Kamis ( 06/10/2011) di sekertariat Muhammadiyah Pangkep Sibatuah.

Husni Yunus,Ketua MPM Muhammadiyah Sulsel,menyambut baik, inisiator pengurus MPM Muhammadiyah Pangkep. Menurutnya, apa yang akan dilakukan merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dan tentu saja,hal tersebut menjadi bukti nyata bagi masyarakat tentang peran serta Muhammadiyah dalam membangun kemitraan dalam aspek pembangunan bidang pertanian. “Tentu saja kerjasama ini akhirnya akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi para petani yang memang selama ini kurang mendapatkan perhatian dalam aspek pengembangan ekonomi kerakyatan, selain itu dengan bekerjasama dengan rumah sakit,juga akan meningkatkan kualits kesehatan masyarakat, khususnya para petani yang selama ini hanya hidup dengan cara yang sangat sederhana, tanpa memikirkan asupan nutrisi dalam tubuhnya.

Zulkifli, Ketua MPM Pangkep, mengatakan bahwa dengan program kerjasama ini, pengurus MPM langsung melakukan penyuluhan pada para petani, dengan melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pakan yang hanya memanfaatkan limbah makanan dari rumah sakit dan warung makan, dalam memenuhui kebutuhan pupuk di sawah dan tambak dan pakan di lahan perikanan.   

Shared:
Shared:
1