Yuhanar Ilyas: Muhammadiyah Idul Fitri 17 Juli 2015

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 12 Juli 2015 16:17 WIB

Foto: Yunahar Ilyas Ketua PP Muhammadiyah (Antara Foto)

 

Yogyakarta - Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid telah menetapkan awal Syawal 1436 H yang akan jatuh pada hari Jumat 17 Juli 2015.  Hal disampaikan Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas didampingi Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar dalam konferensi pers mengenai pernyataan resmi penentuan awal 1 Syawal 1436H, di gedung PP Muhammadiyah, Jl. Cik Di Tiro No.23, Yogyakarta, Selasa (7/7).

Dalam keterangannya Syamsul Anwar, Ijtimak jelang Syawal 1436 H terjadi ada hari Kamis Legi 16 Juli 2015 pukul 08:26:29 WIB. Ijtimak Terjadi pada pagi hari, ini berarti kriteria pertama (sudah terjadi Ijtimak), dan kedua (Ijtimak terjadi sebelum terbenam Matahari) sudah terpenuhi.

Syamsul Anwar mengunkapkan, Muhammadiyah yang menggunakan hisab hakiki wujudul hilal, tidak mensyaratkan ketinggian hilal. Untuk Muhammadiyah jelas Syamsul, setelah terjadi Ijtima’ atau konjungsi dan bulan telah mengejar matahari, serta saat matahari tenggelam bulan masih ada di atas ufuk, maka kriteria telah terpenuhi dan esoknya telah masuk bulan baru.

Sementara itu ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas menghimbau pawa warga Muhammadiyah dan juga masyarakat umum untuk menjadikan momentum 1 Syawal 1435 H, untuk sholat di lapangan dan tidak lupa membayar zakat fitrah. Muhammadiyah, menurut Yunahar Ilyas, akan ikut sidang Isbat Kemenag tanggal 16 Juli 2015 di Jakarta. (dzar)

 

Foto: Yunahar Ilyas, Ketua PP Muhammadiyah (Antara Foto)

Shared:
Shared:
1