Tingkatkan Daya Saing, SAY Adakan Training Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Kesehatan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 17 Juni 2015 02:42 WIB

Sleman  - Tuntutan global akan mutu pendidikan membawa konsekuensi untuk memperkuat penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), khususnya pembelajaran praktik di laboratorium dan skills lab untuk penguasaan ketrampilan. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan tinggi para lulusan diharuskan mempunyai kemampuan untuk menerapkan materi yang sudah dipelajari di kelas.

Tuntutan kompetensi ini yang kemudian membuat STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) mengadakan Training pengelolaan laboratorium pendidikan kesehatan pada hari Kamis-Jum’at, (11-12/6/2015) di Kampus Terpadu STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode interaktif dalam pemahaman dan penguasaan standar laboratorium, yang meliputi sarana dan prasarana, pemeliharaan, administrasi dan penanganan limbah laboratorium.

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua SAY, Warsiti. Dalam sambutannya, dia mengatakan "Pelatihan ini bisa dikatakan sangat langka, karena jarang diadakan oleh institusi maupun universitas. Sebenarnya pelatihan ini sangatlah penting untuk meningkatkan skill tenaga laboran. Inshaallah, akan diadakan lagi gelombang ke-2 ke depannya", ungkap dia.

Pelatihan ini diikuti 43 peserta dari berbagai institusi dengan narasumber dari berbagai bidang, materi yang diberikan diantaranya Manajemen Laboratorium Pendidikan Kesehatan (Laboratorium/Skills Lab Keperawatan, Kebidanan, Fisioterapi dan Analis Kesehatan). Pengelolaan dan pemeliharaan alat laboratorium (elektronik, boneka peraga, bahan habis pakai kimia dan non kimia). Keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium. Pengelolaan Limbah B3. Service Excellent. Sistem administrasi unit Laboratorium serta Praktik Implementasi SIM Laboratorium.

Narasumber yang dihadirkan dengan kompetensi masing-masing materi diantaranya Ismarwati, S.KM., S.SiT., MPH., Subrata Tri W, SKM., M.Sc., Dr. Woro Umi Ratih, M.Kes, Sp.PK., Drg. Daryanto, M.Kes., Yuni Purwati, M.Kep., dan Tuwuh Pitoyo, S.Kom.

Menurut Wakil Ketua 1 STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, Ismarwati, melalui program training pengelolaan laboratorium pendidikan kesehatan ini diharapkan laboratorium dan laboran dapat terstandar dalam menunjang proses pembelajaran yang berkesinambungan, sehingga seluruh infrastruktur di laboratorium siap dan mampu menjawab tantangan zaman dan teknologi yang terus berkembang serta daya saing yang terus meningkat. (dzar)

Shared:
Shared:
1