FGD LPPA PPA dan SAY Diskusi Menemukan Jalan Penanganan Kanker Serviks

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 07 Juni 2015 17:48 WIB

Sleman - STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta (SAY) beserta Lembaga Penelitian dan Pengembangan 'Aisyiyah (LPPA) mengadakan Focus Group Discution (FGD) di Kampus Terpadu STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta, Ring Road Barat, Mlangi, Gamping, Sleman DIY, Kamis (4/6).

Dalam FGD ini diangkat tema "Menemukan Jalan Penanganan Kanker Serviks".  Kementerian Kesehatan mencatat dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker leher rahim (serviks) menjadi penyebab kematian perempuan tertinggi kedua setelah kanker payudara.

Meski begitu, terdapat beberapa problem yang ditemukan ‘Aisyiyah di masyarakat terkait akses perempuan untuk mendapatkan layanan IVA dan Papsmear; antara lain (1) Masih banyak perempuan terutama kelompok miskin kurang memiliki akses informasi tentang pentingnya tes IVA dan Pap Smear; (2) Di beberapa daerah tenaga kesehatan belum memiliki kompetensi untuk melakukan tes IVA dan Pap Smear;  (3) Masih banyak Puskesmas yang belum memiliki peralatan untuk melakukan tes IVA dan Papsmear; 4) Sebagian besar Puskesmas belum memberikan layanan IVA dan Pap Smear sebagai layanan regular; 5) Belum terjangkaunya biaya IVA/Pap Smear bagi masyarakat; 6) belum meratanya layanan screening (tes IVA dan Pap Smear) secara gratis bagi perempuan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Penerima Bantuan Iuran).

Tujuan Diadakannnya FGD (Focus Group Discusion) ini untuk memetakan strategi dan pendekatan dalam mendorong peningkatan kualitas kesehatan reproduksi khususnya pencegahan kanker serviks. Membangun sinergi bersama antar berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong peningkatan kualitas kesehatan reproduksi khususnya pencegahan kanker serviks.

Dalam FGD kali ini dhadirkan pembicara dari Kementrian Kesehatan RI, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tentang Kebijakan BPJS dalam Pencegahan Kanker Serviks, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah tentang Temuan ‘Aisyiyah terkait Implementasi Upaya Pencegahan Kanker Serviks,  terkait Dukungan dan Strategi Elemen Masyarakat Sipil dalam Pencegahan Kanker Serviks dengan narasumber dari Yayasan Kanker Indonesia dan Inisiatif Pencegahan Kanker Serviks Indonesia. (humas stikes) (dzar)

Shared:
Shared:
1