Pelatihan Konselor Sebaya PCNA Banguntapan untuk Kesehatan Reproduksi Remaja

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 21 Mei 2015 18:49 WIB

Bantul  - Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PC NA)  Banguntapan sukses melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Remaja putri sekitar Banguntapan. Selain pengajian kegiatan seperti mengetahui kesehatan reproduksi masih sangat terbatas. Para remaja putri sedikit mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dari sekolah dalam pelajaran Biologi. Maka dari itu Nasyiatul Aisyiyah Banguntapan baru-baru ini mengadakan pelatihan tentang kesehatan reproduksi di Klinik Bait Al Marwah, Banguntapan, Sabtu (16/5).

Kegiatan pelatihan sendiri dihadiri Ketua Cabang NA Banguntapan Utara Shinta Widyawati  dan anggota Cabang ‘Aisyiyah Banguntapan,  Ibu Yasi’ah serta Koordinator Pelatihan Ismarwati dan Evi Wahyuntari Dosen Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta diikuti mahasiswa D3 Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Nisak Restu Prabandari dan Pika Silvi Wahyuningsih.

Menurut Ismarwati, selanjutnya pascapelatihan ini para peserta remaja putri NA Banguntapan Utara akan melakukan implementasi di lingkungannya dengan melakukan Diskusi Kelompok Terarah (DKT) pada para remaja putri.  Remaja putri yang sudah dilatih melakukan DKT  terhadap 6-8 remaja putri hasil DKT akan dimonitor 1 bulan kemudian.

“Target   luaran   yang   akan   dihasilkan   dengan   rencana   kegiatan   ini   adalah terbentuknyaterbentuknya 10 Konselor sebaya yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mensosialisasikan kesehatan reproduksi di lingkungan remaja, terbentuknya 10 forum diskusi kesehatan reproduksi (1 kelompok terdiri dari 5-7 remaja) yang bisa dikembangkan menjadi Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) dan meningkatnya  pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi,” ujar Ismarwati.

Ismarwati menambahkan, metode pelaksanaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalahmelakukan pelatihan konselor sebaya yang berasal dari remaja, dipilih oleh remaja dengan dukungan dari pengurus NA Cabang Banguntapan Selatan, membentuk kelompok (8-10) untuk melakukan diskusi kelompok terarah (DKT), melakukan DKT dengan masing masing kelompok di pimpin oleh konselor sebaya yang telah dilatih.(dzar)

Shared:
Shared:
1