DPD IMM DIY: Bentengi Generasi Muda dari Gerakan Radikalisme

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 17 Mei 2015 11:57 WIB

Bantul - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD IMM DIY), beberapa waktu lalu mengawali Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA), menyelenggarakan Stadium General dengan tema “Ada Apa Dibalik Gerakan Radikalisme” di SKB Bantul, Sabtu (2/5).

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Immawan Wahyudi (Wakil Bupati Gunung Kidul), Kapolda DIY serta Tokoh Muda Muhammadiyah Ahmad Muttaqin. DPD IMM DIY melalui forum stadium general mengharapkan menjadi wadah besar untuk menyamakan persepsi akan bahaya radikalisme yang semakin berkembang di tengah masyarakat.

Menurut Sekretaris DPD IMM DIY Muhammad Habibi Miftakhul Marwa, Radikalisme keagamaan menjadi permasalahan ketika menjadi aktivitas yang berakhir kekerasan. “Karena radikalisme telah mengalami pengaburan makna. Radikalisme yang mestinya berarti memahami secara mendalam dan luas telah bergeser menjadi brutal dan anarkis”, ujarnya.

Radikalisme harus dicegah karena dapat mengganggu stabilitas sosial-budaya, politik, hukum, maupun ekonomi. IMM DIY berupaya melakukan pencegahan dan penanganan paham radikalisme melalui langkah persuasif, edukatif dan preventif.

Gerakan sosial keagamaan dari IMM DIY yang diarahkan kepada generasi muda harus disesuaikan dengan tuntunan agama, berjiwa nasionalisme dan patriotisme serta berwawasan kebangsaan. Dengan demikian, sangat tepat sekali bagi IMM sebagai bagian dari kaum muda yang akan menjadi penerus bangsa turut bertanggungjawab dalam memberikan pemahaman menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik tanpa kekerasan.

Selain itu, dalam RAKORDA DPD IMM DIY juga dijadikan sebagai sarana koordinasi daerah dengan  kader IMM se-DIY untuk merumuskan dan menyamakan gerakan bersama dalam sukses pembangunan daerah, persyarikatan dan ikatan. Yaitu, perluasan gerakan dakwah IMM dengan pembentukan pimpinan cabang (PC) di Gunung Kidul dan Bantul, kontribusi IMM dalam pembangunan DIY dan sosoalisasi dan sinergisitas progam kerja DPD IMM DIY dengan kader IMM antar cabang/kabupaten. (dzar)

Shared:
Shared:
1