Mobil Ramah Lingkungan UMM Siap Tanding di Manila

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 25 Februari 2015 09:35 WIB

Malang- Akhir bulan ini, mulai 26 Februari hingga 1 Maret 2015, rancangan mobil mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan bertanding di ajang internasional Shell Eco-Marathon Asia (SEMA) 2015 di Manila, Filipina. Tim dari UMM yang dinamai Genetro Suryo ini berhasil mendesain mobil berbahan bakar ethanol.

Rektor UMM Prof Dr Muhadjir Effendy MAP saat pelepasan tim pada Sabtu (21/2) mengharapkan mahasiswa terus mendukung langkah UMM dalam mewujudkan kampus ramah lingkungan.

"Dimulai dari energi alternatif, saya harapkan FT membuat satu gedung sendiri, semacam showroom yang berisi seluruh karya-karya mahasiswa. Di dalamnya terdapat pameran energi alternatif, mobil ramah lingkungan, robot-robot, dan lain-lainnya. Ke depan juga harus bisa membuat produk sendiri yang laik dijual dan dipasarkan,” ungkap Rektor.

Hal senada juga disampaikan manajer Tim Genetro Suryo, Iqbal Pandu Prayogo. Mahasiswa Teknik Elektro ini berharap UMM tidak hanya menciptakan kendaraan khusus yang bisa meningkatkan efisiensi dan ramah lingkungan, namun teknologinya dapat dikembangkan terus menerus.

“Semoga tidak hanya dapat menang lomba, namun ada tindak lanjut bagi pengembangan teknologi di UMM, karena sebenarnya yang lebih sulit itu mempertahankan,” harapnya.

Lolosnya UMM menjadi salah satu peserta SEMA 2015 harus melewati beberapa tahapan. Dekan FT UMM, Ir Sudarman MT mengatakan, tidak semua pendaftar diterima mengikuti kompetisi.

“Prosesnya mulai dari registrasi hingga tiga fase seleksi, setelah itu proses pembuatan mobil yang terus didampingi sampai akhirnya mengikuti kompetisi di Manila,” kata Sudarman. (rhe/zul/han)(mac)

Shared:
Shared:
1