Gubernur Kepri Bantu Pembangunan SD Muhammadiyah Karimun

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 18 Februari 2015 14:19 WIB

Karimun - Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani menyumbang Rp500 juta untuk pembangunan berupa penambahan lokal Sekolah Dasar Swasta 016 Muhammadiyah Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun.

Gubernur menyerahkan bantuan tersebut di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah yang terletak di Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun, Sabtu.

"Bantuan yang diberikan merupakan bentuk tanggung jawab dan perhatian terhadap lembaga pendidikan yang didirikan masyarakat, termasuk sekolah yang dibangun Muhammadiyah ini," kata dia.

Ia mengatakan, keberadaan organisasi keagamaan Muhammadiyah sebagai organisasi dakwah tidak diragukan lagi. Ia mengatakan organisasi tersebut telah membuktikan diri dalam membangun sumber daya manusia dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan.

"Jadi, pantas Muhammadiyah mendapat perhatian sebagai umpan balik dari kiprahnya di bidang pendidikan. Muhammadiyah adalah gerakan dakwah amar nahi munkar, merupakan benteng dalam menjaga nilai-nilai religius di kalangan generasi muda," kata dia.

Ia berharap pembangunan gedung berupa penambahan lokal SDS 016 Muhammadiyah Karimun tersebut makin memperkuat keberadaannya sebagai organisasi yang konsen di bidang pendidikan.

"Muhammadiyah sangat mengambil berat dalam memajukan pendidikan yang berbasis keagamaan," kata dia.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bustami Datuk Raja Marah mengatakan, bangunan SDS 016 Muhammadiyah akan diperluas dengan menambah empat lokal dengan perkiraan anggaran sekitar Rp400 juta, ditambah dengan penambahan sarana prasarana belajar lainnya.

"Peletakan batu pertama ini menandai pembangunan empat ruang kelas baru. Mudah-mudahan cepat selesai sehingga bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Jika sudah selesai, maka kapasitas gedung akan mampu menampung sekitar 400 siswa," katanya.

Bustami menuturkan, pembangunan gedung SDS 016 Muhammadiyah dimulai dari nol dengan mengandalkan infak, zakat, dan sumbangan jamaah maupun para simpatisan Muhammadiyah.

Ia mengapresiasi perhatian Pemprov Kepri yang menyumbangkan dana untuk pembangunan ruang kelas baru. Ke depan, ia berharap perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan swasta semakin ditingkatkan.

"Kami juga mewacanakan akan mendirikan perguruan tinggi yang tentunya membutuhkan perhatian dari pemerintah," kata dia.

Sementara itu, Bupati Karimun Nurdin Basirun mengatakan, keberadaan Muhammadiyah di bidang pendidikan telah memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dilandasi iman dan takwa.

"Amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan dan dakwah sudah cukup banyak. Keberadaan gedung sekolah ini juga turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat," kata dia. (ant) (dzar)

Shared:
Shared:
1