Muhammadiyah Akan Dirikan Puskesmas Terapung

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 03 Desember 2014 11:59 WIB

Magelang - Keterbatasan fasilitas kesehatan di Indonesia bagian Timur membuat sejumlah pengurus di Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tergerak. Mereka segera akan merealisasikan ide pendirian puskesmas apung untuk masyarakat di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin menjelaskan, ide pendirian puskesmas apung tersebut lahir dari pemikiran Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Sikka, Nusa Tenggara Timur, H Rosyid.

Ide itu muncul karena di delapan pulau yang ada di NTT tersebut minim fasilitas kesehatan. Menurutnya, ide pendirian puskesmas apung kemungkinan baru pertama kali ada di Indonesia.

"Ini ide yang cemerlang, kami (Muhammadiyah) merespon positif gagasan ini. Puskesmas apung ini, secara berkala akan mendatangi penduduk yang tinggal di pulau-pulau untuk memberikan layanan kesehatan," jelasnya usai membuka Rakernas Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang, Sabtu (29/11/2014).

Din bahkan berharap puskesmas apung sudah harus bisa diwujudkan sebelum Agustus 2015 atau sebelum Muktamar Muhammadiyah dilaksanakan. Sehingga, pelayanan kesehatan bagi masyarakat di delapan pulau besar di Sikka itu dapat terlayani dengan baik. (dzar)

 

Foto: Antara

Shared:
Shared:
1