Agar Lebih Mahir Mengajar, 43 Pengajar UMM Ikuti Pelatihan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 27 Agustus 2014 13:50 WIB

Magelang – Sebanyak 43 dosen Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) mengikuti pelatihan peningkatan keterampilan teknik instruksi agar mereka memiliki kemampuan pengajaran yang lebih baik, kata Rektor UMM, Eko Muh Widodo.

“Pelatihan itu diikuti para dosen yang baru maupun dosen lama, agar mampu memberikan pengajaran yang lebih baik,” katanya seperti rilis yang diterima redaksi website Muhammadiyah.or.id, Selasa (26/8/2014).

Ia mengharapkan para peserta pelatihan sungguh-sungguh mengikuti program tersebut. Peningkatan kompetensi teknik mengajar oleh para dosen, katanya, sebagai kebutuhan penting agar ilmu yang disampaikan kepada para mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMM, Purwati mengatakan pelatihan selama lima hari itu (25-29 Agustus 2014), kerja sama antara UMM dengan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, sedangkan pelatihan berlangsung di aula gedung Rektorat UMM.

Ia mengharapkan pelatihan dapat meningkatkan kinerja para dosen yang berimplementasi terhadap kinerja perguruan tinggi, termasuk kualitas lulusannya.

“Selain pelatihan Pekerti, dosen UMM juga akan mengikuti pelatihan ‘Applied Approach (AA)’ yang merupakan satu rangkaian program pelatihan untuk peningkatan kualitas dosen di perguruan tinggi,” katanya.

Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, D.Y.P. Sugiharto mengatakan peningkatan kualitas pendidikan tinggi tidak terlepas dari upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para dosen, antara lain melalui pendidikan jenjang strata 2 dan strata 3.

“Serta melalui berbagai pelatihan yang efektif. Dengan SDM yang berkualitas, diharapkan pendidikan tinggi akan menjadi lembaga yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan efektif,” kata Sugiharto yang saat pelatihan itu memberikan materi tentang Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Kebijakan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. (dzar)

Shared:
Shared:
1