Nursing Summer Programs STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 19 Agustus 2014 20:32 WIB

Sleman - STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta kembali menggelar SUMMER PROGRAM 2014. Tahun ini adalah tahun ke 3 dilakukannya dengan 10 mahasiswa dari National Taipei University of Nursing and Health Sciences (NTUNHS) Taiwan. Kegiatan Summer Program ini dilakukan selama 10 hari (14-23/8).

Koordinator Kerjasama Internasional dan Humas, Indriani, menjelaskan para peserta Summer Program dari NTUNHS ini akan bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa STIKES mengikuti pembelajaran tentang sistem kesehatan di Indonesia, budaya, dasar bahasa Indonesia dan sejarah tentang tanaman obat (jamu) dan membatik sebelum mereka memulai program mereka di lapangan. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang benar tentang Indonesia khususnya Yogyakarta dan tentang penyelenggaraan kesehatan dasar di Yogyakarta. Para mahasiswa dari NTUNHS ini akan terjun dalam kesehatan komunitas dan melihat langsung tentang praktek pembelajaran komunitas tentang kesehatan ibu dan anak, dan kunjungan ke beberapa rumah sakit Muhammadiyah.

Lebih lanjut Indri menjelaskan, dengan adanya Nursing Summer Camps ini, membantu dalam meningkatkan perspektif STIKES 'Aisyiyah dan jalinan kerjasama lebih global, luas, pluralistik dalam hal bahasa dan budaya pola pikir. Dengan bergabung dalam program ini akan meningkatkan pengetahuan dalam hal aspek keperawatan teoritis dan praktis yang mungkin tidak tersedia di Taiwan. Dan para mahasiswa NTUNHS diharapkan menemukan pengalaman baru atau bahkan cara yang berbeda untuk dapat dibagikan dengan teman-teman mahasiswa keperawatan di Taiwan.

Dalam Summer Camps ini para mahasiswa NTUNHS mengikuti kuliah selama 3 hari dan melaksanakan praktikum di Puskesmas Piyungan dan berkunjung ke RS PKU Muhammadiyah Bantul. 

 

Dosen Dan Mahasiswa Bertukar Ilmu Di Jepang

Sebanyak 3 mahasiswa dan 3 dosen STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta mengikuti International Summer School di Tokushima University Jepang. Mereka berada di Jepang selama kurang lebih 10 hari (1-10/8).

Event yang diikuti oleh 32 peserta antara lain dari Indonesia, Mongolia, China, Korea, Perancis, India dan Amerika ini menggelar beberapa kegiatan antara lain Laboratory Tour, Japanese Lectures, Japanese Culture Experience, Summer Program Sosial Event dan Tokushima Culture Experience.

Melalui kegiatan ini diharapkan duta yang menjadi delegasi ke jepang ini mampu menjalin networking dengan peserta dari negara lain. Sehingga dapat bertukar mengenai gambaran, pengalaman dari negara lain baik budaya dan bidang kesehatan. Selain itu ketika kembali ke STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta mampu memberikan warna positif bagi teman-teman lainnya. (dzar)

Shared:
Shared:
1