Muhammadiyah Akan Hadiri Sidang Itsbat Kemenag

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 26 Juni 2014 20:28 WIB

Yogyakarta – Rencananya besok, Jumat (27/6), Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1435H. Kementerian Agama RI  akan memulai sidang Isbat sekitar pukul 16.30 WIB dan hasilnya akan diumukan kepada masyarakat pukul 19.30 WIB.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, berkaitan dengan sidang Itsbat mengungkapkan, kemungkinan besar PP Muhammadiyah akan menghadiri sidang itsbat yang akan dilaksanakan besok sore, hal tersebut dikarenakan Menteri Agama yang baru telah hadir di PP Muhammadiyah dan meminta khusus Muhammadiyah untuk menghadiri sidang yang dilaksanakan secara rutin sebelum penentuan awal Ramadhan tersebut. “Jadi menteri agama yang baru datang ke PP Muhammadiyah bertemu pak Din (ketua umum PP Muhammadiyah)  dan anggota PP Muhammadiyah. Menteri Agama mengajak kembali Muhammadiyah untuk ikut Sidang Isbat yang dilaksanakan besok,” jelasnya di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Kamis (26/6). Tetapi menurut Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, Muhammadiyah melalui pak Din juga mengajukan syarat penting dalam pelaksanaan sidang itsbat.

Pertama menurut Yunahar, Menteri Agama mampu bersikap adil ketika ada perbedaan pandangan terhadap Pemerintah, tentunya Menteri Agama harus menghormati metode penghitungan hisab yang  digunakan Muhammadiyah dan saat ini telah menjadi keputusan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1435H. Kedua, PP Muhammadiyah meminta agar sidang isbat tidak disiarkan secara terbuka, namun tertutup dan kemudian, setelahnya Menteri Agama cukup konferensi pers terkait hasil sidang Isbat.

Lebih lanjut menurut Yunahar, Menteri Agama mengatakan akan memenuhi syarat tersebut, dan PP Muhammadiyah dipimpin Din Syamsuddin rencananya akan mengirim utusannya ke sidang itsbat karena dipenuhinya syarat dari PP Muhammadiyah. (dzar) (mac)

 

Shared:
Shared:
1