Muhammadiyah Terbitkan Maklumat Kebangsaan Menghadapi Pilpres 2014

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 30 Mei 2014 11:27 WIB

Yogyakarta – Pasca-Tanwir Muhammadiyah di Samarinda lalu (23-25/5), Muhammadiyah menghadirkan dua capres dari dua pasangan capres Joko Widodo – Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa untuk berdialog pada arena Tanwir Samarinda. Kehadiran dua tokoh capres tersebut mendapat perhatian dari Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Ia mengatakan dari dua pemaparan para capres ini dan kehadiran dua tokoh ini menunjukkan dan memberikan penguatan terhadap apa yang menjadi sikap, pemikiran, khittah dan garis kebijakan Muhammadiyah bahwa Muhammadiyah selalu berkomunikasi dengan kekuatan politik maupun tokoh manapun yang menjadi pemimpin bangsa ini, dan ini juga menunjukkan bahwa Muhammadiyah memberi ruang pada para pimpinan nasional, khususnya pada calon presiden, selain bisa berdialog pada mereka memberikan visi misinya, memberikan hak dan ruang publik yang positif, bahwa apa yang dilakukan Muhammadiyah ini sekaligus menunjukkan kepada khalayak tentang pembelajaran politik yang cerdas dan demokratis.

Haedar Nashir secara eksklusif memberikan pesan dan himbauan kepada seluruh warga Muhammadiyah melalui wawancara kami di Radio Muhammadiyah saat Tanwir Muhammadiyah di Samarinda Sabtu (24/5), “Dari tanwir ini, kenalilah para calon presiden dan wakil presiden, bukan hanya dari sosok kepribadiannya, dan tindakannya, tetapi juga dari pikiran-pikirannya tentang apa yang mereka pikirkan sebagai negarawan, tentang apa yang mereka lakukan sebagai pemimpin bangsa ke depan,” ungkapnya.

Ia menambahkan warga Muhammadiyah dalam peran partisipasinya tidak hanya partisipasi pilihan politik, tetapi partisipasi pemikiran. “Karena itu dalam Tanwir ini Muhammadiyah menghasilkan pemikiran besar Muhammadiyah tentang bangsa dan Negara dalam rumusan buku Indonesia Berkemajuan, rekonstruksi kehidupan kebangsaan yang bermakna,” tambahnya.

Dalam agenda Tanwir kemarin, Muhammadiyah telah merumuskan sebuah maklumat Kebangsaan Menghadapi Pemilihan Presiden 2014, pada sidang pleno Tanwir Muhammadiyah di Samarinda, Ahad (25/5) dan disahkan oleh seluruh anggota Tanwir Muhammadiyah. (dzar)

 

Unduh Maklumat Kebangsaan Menghadapi Pemilihan Presiden 2014

 

Shared:
Shared:
1