RS PKU Muhammadiyah, Siapkan Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Kanker dan Kardiovaskular

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 06 Mei 2014 00:21 WIB

Yogyakarta  - Pusat pelayanan kesehatan bagi penderita kanker dan kardiovaskular akan hadir di Daerah Istimewa Yogyakarta. Proyek ini adalah tindak lanjut dari kerja sama Rumah Sakit PKU Muhammadiyah unit II Gamping, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitats Klinikum Munster atau University Hospital of Muenster, Germany. Hal ini diungkapkan oleh Ketua MPKU DI Yogyakarta, dr. H. Ahmad Faesol Sp. Rad yang juga menjabat sebagai Direksi RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Menurutnya, penanganan kanker dan kardiovaskular juga akan menyediakan pelayanan rawat jalan dan pelayanan rawat inap. Namun untuk menjadikan Pusat Penanganan Kanker dan Kardiovaskular ini membutuhkan persiapan yang tidak sedikit dan perlu berkesinambungan. Harapannya pada tahun 2016 nanti hal ini dapat terealisasi.

Coordinator Derictor of The Comprehensive Cancer Center Minister, Jorg Haiermengatakan University Hospital of Munster Germany adalah salah satu universitas dan rumah sakit di Jerman yang memiliki keunggulan layanan di bidang Kanker dan Kardiovaskular.

“Kami datang membawa tim yang dapat membagikan ilmunya dalam workshop kepada dokter, dokter spesialis, perawat, bidan dan dosen-dosen pendidik dalam memberi pelayanan, perawatan, dan pencegahan dengan pemeriksaan dini terhadap kanker dan kardiovaskular,” katanya di Yogyakarta, Jumat (2/5).

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan kesejahteraan sosial, Prof. Dr. Syafiq Mughni, M.A mengatakan dalam rangka melanjutkan kerjasama antara UMY dengan University Hospital of Munster di bidang penanganan kanker dan kardiovaskular. Kedua institusi tersebut sepakat mengadakan lokakarya penanganan dan pelayanan untuk penyakit kanker dan kardiovaskular.

Lokakarya bertajuk ‘Indonesia-Germany Health Care Conference on Cardiovascular and Cancer Care Yogyakarta, Indonesia’ diselenggarakan pada tanggal 3 - 4 Mei 2014 di Asri Medical Center Yogyakarta. (abey) (dzar) (Irma) (Mei)

Shared:
Shared:
1