Muhammadiyah Akan Dirikan Fakultas Kedokteran di Musirawas

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 12 April 2014 19:01 WIB

Musirawas - Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan mendirikan fakultas kedokteran di Universitas Muhammadiyah di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, karena sudah tersedia lahan dan mendapat dukungan pemerintah daerah setempat.

"Fakultas Kedokteran di Musirawas itu untuk yang ke-188, dari 187 Universitas Muhammadiyah yang ada di Tanah Air," kata Bupati Musirawas Ridwan Mukti, Selasa (8/4).

Ia mengatakan untuk mendukung pendirian fakultas kedokteran itu, pihaknya sudah memberikan surat keputusan (SK) kepada enam orang panitia pembentukan Universitas Muhammadiyah Musirawas (Um-Mura) tersebut.

Tugas panitia itu antara lain untuk belajar di Universitas Muhammadiyah yang sudah bagus, dan diakui di tingkat internasional agar mendapat konsep manajemen yang baik.

Panitia yang menerima SK itu tahap awal minta bimbingan dari beberapa Universitas Muhammadiyah yang sudah maju, antara lain Universitas Muhammadiyah Palembang, Bengkulu, Malang, Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dipilihnya Fakutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah di Musirawas, karena alasan akan membawa dampak cukup besar bagi warga Musirawas.

Selain melahirkan dokter asli putra daerah, kata dia, juga membuat pelayanan kesehatan lebih meningkat melalui bantuan-bantuan pusat.

"Di samping terus meningkatkan kualitas Universitas Musirawas (Unmura) yang sudah menghasilkan ratusan lulusan berbagai disiplin ilmu sejak tujuh tahun terakhir," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Musirawas akan memberikan subsidi kepada fakultas kedokteran itu hingga betul-betul bisa berjalan sehat.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diwakili Goodwil Zubir yang juga salah satu Ketua PP Muhammadiyah mengharapkan kepada panitia yang sudah terbentuk untuk melaksanakan amanah yang dipercayakan tersebut secara baik dan bertanggung jawab.

Mengenai rektor pertama Universitas Muhammadiyah Musirawas, rencananya akan dipercayakan kepada Bupati Musirawas Dr H Ridwan Mukti karena lebih tepat, dan dinilai berhasil dalam mengembangkan dunia pendidikan.

"Ridwan Mukti merupakan bupati yang langka, maka dari itu saya minta untuk menjadi rektor pertama Universitas Muhammadiyah Musirwas, dan didukung Pimpinan Wilayah Musirawas Triono," katanya. (dzar/ant)

 

Gambar: Ilsutrasi Fakultas Kedokteran Univ Muhammadiyah Palembang

Shared:
Shared:
1