Hindari Amalan yang Menghancurkan Nilai Puasa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 14 Agustus 2011 16:02 WIB

Malang- Dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadhan yang penuh rahmat, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan serangkaian acara Kajian Ramadhan dan Buka Bersama yang bertajuk “Gema Ramadhan 1432 H UMM” yang berlangsung dari 5 - 21 Agustus 2011. Pengajian perdana yang bertempat di aula masjid AR Fachruddin UMM ini diikuti oleh keluarga besar biro BAU, Humas, BKLN, BP3K, dan UMM Dome dengan menghadirkan pemateri Ahmad Fathoni, Lc., M.Ag.

Ahmad Fathoni menyampaikan tausyiah tentang keutamaan puasa. Dia memaparkan, puasa merupakan amal ibadah antara diri pribadi manusia sendiri dengan Allah karena tidak seperti ibadah lain, ibadah puasa yang mengetahui hanya diri orang yang melaksanakannya dan Allah SWT.

“Puasa berarti menghindari makan, minum, dan hal-hal yang negatif. Saat berpuasa, ada hal-hal yang dapat menghancurkan amal pahala puasa kita. Sehingga kita dilarang mengucapkan kata-kata kotor, ghibah, dusta, fitnah, dan lain sebagainya. Memang hal itu tidak membatalkan puasa sepertihalnya kita makan atau minum, tetapi dapat menghancurkan amal ibadah kita karena puasa kita akan sia-sia,” jelas Ahmad Fathoni.

Fatoni juga menguraikan bahwa pada bulan Ramadhan bisa disaksikan masih banyak umat Islam yang melakukan ghibah, bahkan dalam program-program acara di televisi seperti acara infotainment. Padahal ghibah diharamkan karena ghibah dilakukan dengan mencari-cari kesalahan orang lain. (www.umm.ac.id)

Shared:
Shared:
1