Awasi Pemilu, PP Nasyiatul Aisyiyah MoU Dengan Bawaslu RI

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 20 Februari 2014 01:14 WIB

Jakarta- Bertempat di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI)  Jl. M.H Thamrin No.14, Jakarta Pusat, Ketua Bawaslu RI, Muhammad, bersama Norma Sari, Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, menandatangani MoU mengenai program Gerakan Sejuta Relawan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu. Kesepakatan tersebut menurut Norma Sari dilatarbelakangi keinginan Nasyiatul Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muda turut serta pengawasan pemilu.

“Dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilihan umum, maka pengawas pemilu harus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan kegiatan pengawasan, dan hal tersebut disambut positif Bawaslu RI,” jelasnya. Norma Sari menuturkan, Nota Kesepakatan tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kerangka kerjasama pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 sekaligus untuk menetapkan upaya atau langkah-langkah pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum. Lebih lanjut menurut Norma Sari. Langkah – langkah dari ruang lingkup yang dibangun kedua belah pihak meliputi, Perekrutan Relawan; Pemberian Informasi; Pendidikan dan Pelatihan; serta Kegiatan lainnya dalam rangka melakukan fungsi pengawasan.


Bagi Nasyiatul Aisyiyah keterlibatan pengawasan Pemilu bukan yang pertama kali. Pada Pemilu tahun 2009 Nasyiatul Aisyiyah pernah melakukan Pengawasan Pemilu Mandiri dengan memberdayakan kader-kadernya sampai tingkat Ranting. “Aktivitas ini dilakukan sebagai kontribusi Nasyiah sebagai elemen perempuan muda dalam kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pemilu yang berintegritas, jujur dan adil,” jelas Pengajar Universitas Ahmad Dahlan ini. Dalam implementasinya nanti Nasyiatul Aisyiyah bergabung dalam “Gerakan Sejuta Relawan” Pengawas Pemilu yang bersifat sukarela sekaligus menjadi Mitra Pengawas Pemilu Lapangan (Mitra PPL). (mac)

*Foto: bawaslu.go.id

Shared:
Shared:
1