Bantu Pengungsi Sinabung, Muhammadiyah Medan Maksimalkan Donasi Melalui Masjid

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 08 Januari 2014 12:24 WIB

Medan- Pimpinan Muhammadiyah Kota Medan, akan melakukan Gerakan Pengumpulan Dana guna membantu Pengungsi Sinabung. Gerakan dilakukan serentak pada kegiatan Shalat Jumat di 98 Masjid Taqwa yang ada di Kota Medan, 10 Januari 2014. Demikian disampaikan Sekretaris PD Muhammadiyah Kota Medan Muhammad Syafii , Selasa (7/1).

Selain pengumpulan dana lewat kegiatan shalat Jumat, pengumpulan lainnya dilakukan untuk satu kali pengajian Cabang dan Ranting Muhammadiyah se-Kota Medan. Pimpinan Cabang dan Ranting akan melakukan pengumpulan di skretariat PDM Kota Medan untuk segera diulakukan penyalurannya ke Karo. Muhammad Syafii mengatakan, dana yang dikumpulkan akan diserahkan kepada Lembaga Penanggulangan Bencana / Muhammadiyah Disaster Management Center Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karo bersama bantuan pendampingan dalam bentuk gerakan dakwah.

Dari Karo dilaporkan saat ini, pengungsian yang dikelola Muhammadiyah Karo berada di dua lokasi, masing-masing di Islamic Center Kabanjahe ada 365 jiwa sedangkan di Masjid Taqwa Kabanjahe ada 36 KK atau 127 jiwa.

Perkembangan situasi Gunung Sinabung masih mencekam. Laporan dari Karo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, sejak Sabtu (4/1) sampai Senin (6/1), Gunung Sinabung erupsi 115 kali atau dalam 30 menit sekali erupsi.

Pantauan di lapangan erupsi Sinabung yang menyemburkan debu vulkanik kini menimbulkan penyakit ISPA bagi warga desa-desa di radius 5 km di empat kecamatan seperti Kecamatan Namantran, Payung, Tiga Nderket dan Simpang Empat. Kondisi rumah-rumah warga tertutup debu dan udaranya tercemar. Saat ini, jumlah pengungsi bertambah menjadi 22.000 jiwa yang sebelumnya 21.331.

Kebutuhan pengungsi untuk kebutuhan dasar, dalam seminggu ke depan masih tercukupi. Namun lauk pauk, sayur mayur dan bumbu dapur serta gas yang diperlukan sebagaimana dinyatakan D Ginting. | ans/shd-mpi-su| (mac)

Shared:
Shared:
1