Pelatihan Jaya Matahari 2 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Dihelat di Pulau Dewata

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 27 Desember 2013 23:15 WIB

Denpasar – Kwatir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) beberapa hari yang lalu melangsungkan pembukaan Pelatihan Jaya Matahari 2 di Denpasar Bali. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 51 orang dari berbagai wilayah dan daerah di antaranya, 45 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Pelatihan seluruhnya dilaksanakan di kompleks perguruan Muhammadiyah Sebelange, Jalan Pulau Batanta 80 Denpasar Bali, pada (23-29/12/2013). Kemudian, dilanjutkan dengan kunjungan wisata karya, balai penelitian dan pengambangan budidaya laut di Kabupaten Buleleng, Bali.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali. H. Sukirman menjelaskan tentang kepemimpinan Jendral Besar Sudirman, yang tidak lepas dari perannya sejak muda mengikuti pendidikan di Muhammadiyah di Banjarnegara, dan pendidikan kepanduan di Hizbul Wathan. “Sejak tahun 1965 kepanduan harus melebur menjadi satu dalam pramuka. Namun, Muhammadiyah tetap eksis walau tanpa Hizbul Wathan, kemudian setelah lengsernya era orde baru, Hizbul Wathan Muhammadiyah dibangkitkan kembali atas prakarsa tokoh-tokoh Hizbul Wathan,” tambahnya.

Selain itu Ketua Umum Kwatir pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, H. Uun Harun Syamsuddin. Mengatakan bahwa Kekhawatiran kegiatan Jaya Matahari 2 ini tidak akan terlaksana dengan baik di Bali, karena kondisi Bali yang jauh (red. Jauh dari pulau Sumatera), harga tiket mahal, dan musim liburan, namun atas dasar tekad yang kuat, para peserta yang 51 ini dapat hadir di Bali mengikuti pelatihan Jaya Matahari 2 di Bali. “Kwarpus berharap seluruh peserta dapat mengamalkan  terhadap apa yang sudah didapatnya dari pelatihan ini, sehingga dapat memacu gerakan kepanduan GKHW di daerahnya masing-masing,” tutupnya.

Kegiatan Pelatihan Jaya Matahari 2 dengan tema Gerakan Kepaduan Hizbul Wathan Tak Lelah Berikan Pencerahan dan Solusi Untuk Kemajuan Bangsa ini dibuka secara resmi oleh Ketua PP Muhammadiyah, Drs. H.A. Dahlan Rais, M.Hum, dihadapan ratusan tamu undangan pelatihan Jaya Matahari 2 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bali, Senin siang (23/12) kemarin. Selanjutnya, Ketua PP Muhammadiyah, H. Sukriyanto AR dijadwalkan mengisi materi terkait kemuhammadiyahan pada selasa (24/12). (dzar)

Shared:
Shared:
1