Seribu Peserta Ramaikan Jambore Hizbul Wathan (HW) Sumatera Utara

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 23 Desember 2013 22:27 WIB

Krasaan Simalungun - Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara Drs. Mario Kasduri MA membuka secara resmi Jambore II Hizbul Wathan ( HW) Sumatera Utara, di Pondok Pensatren Darul Arqom, Krasaan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jambore II yang diikuti sekitar seribu peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota itu berlangsung meriah ditandai dengan defile drumband dan atraksi Tapak Suci Muhammadiyah.

 

Hadir pada pembukaan, Jumat siang (20/12) itu, Wakil Bupati Simalungun yang juga Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Simalungun Hj Nuriati Damanik, Wakil Ketua PWM Sumutera Utara Mario Kasduri, Ketua PDM Simalungun Tugio , Ketua PDM Asahan  Sutrisno, Ketua PDM Batubara Junaidi dan Ketua PDM Siantar Badri Kalimantan, Pimpinan Ortom  serta puluhan sesepuh HW Sumatera Utara yang berada dari beberapa daerah.

Wakil Ketua PWM Sumut Mario Kasduri dalam sambutan pembukaan itu kembali mengenang Jenderal Besar Sudirman yang menjadi inspirasi lahirnya HW. Bicara HW maka kita akan selalu bicara Jenderal Besar Sudirman. Melalui Semangat HW pulalah kita berharap semangat dan cita-cita Jenderal Besar Sudirman dapat dipelihara. Kata Mario, HW yang didirikan KHA Dahlan pada tahun 1918 di Yoqjakarta diharapkan dapat menjadi lembaga pendidikan dan lembaga kader yang cinta tanah dan air. Kader HW juga memiliki peran yang besar baik terhadap bangsa, tanah air dan persyarikatan. 

 

Jelas Mario Kasduri, Kader HW harus mampu mengembangkan dan menyiarkan Agama Islam dengan baik dan benar ditengah masyarakat. Untuk itu, Kader HW harus memiliki kompetensi ke Islaman, amal ibadah dan kompetensi kecerdasan ( intelektual, emosional dan spiritual).

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun yang juga Kwartir Pramuka Kabupaten Simalungun, Hj. Nuriati Damanik menegaskan peran besar yang diemban kepanduan, seperti pramuka dan HW. Khusus HW, kata Nuriati, bahwa HW jangan dilihat dari pakaiannya tapi jihadnya terhadap perjuangan Islam. Kwartir Cabang Pramuka Simalungun itu menyampaikan pujian dan penghargaan kepada HW yang telah menyelenggarakan Jambore II HW Sumatera Utara di daerahnya. Ia berharap pimpinan dan anggota HW dapat berinteraksi dengan baik ditengah masyarakat.

 

Atraksi Tapak Suci

Sementara itu, Tapak Suci Putera Muhammadiyah mampu menampilkan atraksi menarik pada kegiatan Jambore Hizbul Wathan (HW) Sumatera Utara. Beberapa atraksi yang ditampilkan tersebut memberikan decak kagum dan pujian lebih dari seribuan peserta Jambore. Adegan yang ditampilkan Tapak Suci pada pembukaan Jambore antara lain, demo bela diri, pemecahan blok semen, pematahan lempengan besi dan melompat ditengah kobaran api. Alhamdulillah, semua kegiatan itu berlangsung dengan baik dan menarik.

 

Keberhasilan anak-anak Tapak Suci Simalungun dibawah pimpinan Sahrul dan Zen Muasri itu diharapkan akan membawa angin segar bagi perkembangan tapak suci ke depan. dalam kesempatn tersebut juga ditampilkan beberapa atraksi, seperti tari, drumband dan tapak suci. Kehadiran tapak suci, Daerah Simalungun dengan atraksi menarik juga mampu memberikan image positif terhadap kehberadaan tapak suci. |SHD/MPI-SU|  (mac)

Shared:
Shared:
1