PWM Sulsel Meresmikan Peternakan Sapi Pesantren Balebo Masamba

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 24 November 2013 18:28 WIB
Luwu Utara- Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan KH. Muhammad Alwi Uddin meresmikan peternakan sapi binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan yang berada di lahan Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Masamba Kabupaten Luwu Utara. Peresmian ditandai dengan pelepasan 60 ekor sapi di atas lahan 15 hektar oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Luwu Utara, Burhan Kadir, Direktur Pondok Pesantren Darul Arqam Balebo Masamba, L. Akbar, dan Ketua MPM PWM Sulsel HM. Husni Yunus M.Pd, Jum'at ( 22/11/2013),
 
Alwi Uddin, Ketua PWM Sulsel mengatakan, bahwa program peternakan sapi yang melibatkan para guru dan santri merupakan program yang sangat cerdas dalam upaya pemberdayaan para santri untuk meningkatkan kualitas perekonomian pesantren. "Dengan menggunakan pola pertanian terpadu yang dikembangkan Majelis Pemberdayaan Masyarakat  dengan mengemas pertanian terpadu ramah lingkungan, Santri nantinya akan berpikiran maju, karena tidak hanya memiliki penguasaan Agama, tetapi juga pertanian," jelasnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Luwu Utara, Burhan Kadir, mengatakan bahwa program pertanian terpadu MPM Muhammadiyah menjadi ciri khas dalam pengembangan pendidikan pondok pesantren Muhammadiyah yang ada di Luwu Utara, yang diantaranya adalah Pondok pesantren Muhammadiyah Balebo di Masamba dan pondok pesantren Muhammadiyah Tolada yang di Tingkara Malangke, "Untuk ke depan diharapkan semua amal usaha pendidikan di Luwu utara akan diberikan pembekalan untuk program muatan lokal yang berbasis pertanian terpadu," tegasnya. lebih lanjut menurut Burhan, dalam pengembangan kurikulum pesantren ini akan dibuat kurikulum muatan lokal, yakni pendidikan pondok pesantren berbasis Agrobisnis, sehingga nantinya studi sambil bertani akan melahirkan santri yang cerdas dan mandiri. (hsn) (mac)

Shared:
Shared:
1